Sukses

Mengasah Otak si Kecil Dengan Bermain Puzzle

Liputan6.com, Jakarta Dari sekian banyak jenis permainan yang tersedia untuk anak-anak, puzzle tidak hanya mengembangkan otak tetapi juga dapat melatih mental si kecil. Selain sebagai permainan asah otak, puzzle juga membuat si kecil terbiasa bersikap tenang, tekun, dan sabar untuk menyelesaikan sesuatu. permainan puzzle juga memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan otak anak. Berikut di antaranya:

1. Pengembangan motorik

Saat si kecil mengambil kepingan puzzle, meletakkannya sesuai garis, dan memindahkan kepingan tanpa merusaknya, keterampilan motorik mereka ikut diasah. Pengembangan keterampilan motorik ini juga membantu melatih mereka untuk melakukan hal-hal dasar seperti menulis dan makan dengan baik.

2. Meningkatkan kemampuan berpikir

Si kecil akan belajar untuk berkonsentrasi dan sel-sel otaknya akan terlatih untuk berpikir mencari penyelesaian supaya kepingan-kepingan yang tercecer dapat dirangkai sesuai tempatnya.

3. Mengembangkan koordinasi mata dan tangan

Si kecil akan dilatih untuk bisa mengatur koordinasi mata dan tangan saat meletakkan kepingan puzzle pada tempat yang tepat. Si kecil belajar melibatkan gerakan, tetap berkonsentrasi, serta mengenali apa yang terlihat dalam waktu bersamaan.

4. Melatih daya ingat dan nalar

Si kecil akan mengingat bentuk, gambar, dan warna puzzle yang disusun. Bersamaan dengan itu, anak dilatih untuk bernalar karena anak harus bisa menyimpulkan urutan gambar yang tepat menggunakan logikanya.

Nah, berikut manfaat bermain puzzle untuk mengasah otak si kecil. Semoga artikel ini bermanfaat ya, moms! Jangan lupa lengkapi dengan memberi MINUTE MAID NUTRIFORCE untuk si kecil karena minuman ini dilengkapi dengan 11 kebaikan gizi bermanfaat, untuk membantu memenuhi ½ kebutuhan nutrisi harian anak*.

 

*Vitamin C, E, B12 dan Zink

 

Powered by:

MINUTE MAID NUTRIFORCE

Artikel Selanjutnya
Permen Tergolong Junk Food?
Artikel Selanjutnya
Membangun Rasa Percaya Diri pada Anak