Sukses

Mengatasi si Kecil yang Sering Tidur Terlalu Malam

Liputan6.com, Jakarta Moms! Dalam masa pertumbuhan si kecil membutuhkan waktu tidur sekitar 10 jam di malam hari. Namun, tidak sedikit anak yang mengalami susah tidur yang menyebabkan jam tidur yang terlalu malam dan tidak wajar.

Hal ini dapat menyebabkan anak menjadi rewel, sulit diatur, lesu, dan malas beraktivitas. Padahal tidur malam sangat penting untuk masa pertumbuhan. Selain beristirahat, sel-sel tubuh juga berkembang dan memperbaiki diri ketika si kecil tidur pada malam hari. Proses ini tidak terjadi ketika ia tidur siang. Biasanya, si Kecil mengalami kesulitan tidur malam karena beberapa hal. Seperti:

Si kecil kelebihan energi

Anak dengan kelebihan energi biasanya memiliki fisik yang kuat dan keinginan yang kuat untuk mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya. Tanpa disadari energi itu membuat si kecil berusaha untuk terjaga agar tidak kehilangan kesempatan bereksplorasi sehingga si kecil tidak merasakan kantuk walaupun sudah larut malam.

Merasa takut

Beberapa anak merasa ketakutan ketika ditinggal oleh orangtuanya ketika tidur. Si kecil yang merasa cemas dan khawatir akan membuatnya sulit tidur.

Terlalu lama tidur siang

Jam tidur siang yang terlalu lama juga bisa menyebabkan si Kecil tidur terlalu malam, karena belum mengantuk dan masih menyimpan banyak energi.

Terlalu Banyak Makan Yang Mengandung Kafein

Hindari si kecil untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein sebelum tidur. Untuk menggantikannya, Anda bisa memberikan minuman bernutrisi tinggi seperti Minute Maid Nutriforce yang mampu memberikan tambahan asupan vitamin dan mineral*. Dengan harga terjangkau MINUTE MAID NUTRIFORCE baik untuk dikonsumsi kapan saja.

Lalu bagaimana cara mengatasi si kecil yang sering tidur terlalu malam? Yuk, Moms ikuti cara berikut ini!

Batasi tidur siang si kecil

Cukup 1-2 jam saja. Jika si Kecil sudah tidur selama lebih dari 3 jam, Anda bisa membangunkan perlahan-lahan. Agar ia mudah tidur malam dan suasana hatinya tetap terjaga.

Batasi aktivitas menonton si kecil

Awasi dan batasi aktivitas si kecil seperti menonton televisi untuk mencegah si kecil tidur terlalu malam.

Perbanyak waktu bersana si kecil

Yang terakhir adalah memperbanyak waktu bersama si Kecil, agar dia tidak merasa takut ditinggal ketika tidur. Kebersamaan akan membuatnya lebih percaya dan tetap tenang saat tidur. Sehingga, ia akan relaks dan tidur tepat waktu.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah si kecil yang sering tidur terlalu malam. Semoga bermanfaat, Moms.

 

* Vitamin B12, C, E dan Zink

 

Powered by:

MINUTE MAID NUTRIFORCE

Artikel Selanjutnya
3 Cara Untuk Mencegah Obesitas Pada Anak
Artikel Selanjutnya
Pelihara Binatang? Baikkah untuk si Kecil?