Sukses

14 Ciri Orang dengan Kepribadian Sangat Sensitif (2)

Salah satu ciri orang sangat sensitif adalah mudah menangis dan tidak suka film horor atau kekerasan.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang kerap merasa dirinya sensitif, tapi juga yang memiliki kadar sensitif lebih dari itu atau sangat sensitif (highly sensitive person/HSP).

Kepribadian sangat sensitif pertama kali diteliti oleh Elaine Aron di 1990-an. Dari riset yang dilakukannya ada sekitar 10-15 persen atau satu dari lima orang sangat sensitif. Walau jumlah orang yang sangat sensitif minoritas, bukan berarti hal buruk atau lemah. Ada banyak hal positif pada orang-orang ini seperti disampaikan Aron.

Para pakar mengatakan ada beberapa ciri orang sangat sensitif mengutip laman Huffington Post, Jumat (9/2/2018) bagian dua. 

8 . Tidak semua orang sangat sensitif tertutup

Riset yang dilakukan Aron menyebutkan ada sektiar 30 persen orang sangat sensitif itu extrovert atau terbuka.

9. Bekerja dengan baik di lingkungan tim

Orang sangat sensitif itu pemikir yang amat mendalam, jadi sosok ini amat berharga bila bekerja dalam tim. Namun, orang-orang seperti ini lebih cocok di posisi yang tidak membuat keputusan akhir.

 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak suka film kekerasan atau horor

11. Suara mengganggu terasa amat mengganggu bagi orang sangat sensitif

Mungkin ada teman yang menyanyi cempreng atau mendengar seseorang mengatakan sumpah serapah. Bagi orang lain itu terasa mengganggu, tapi bagi orang sangat sensitif itu benar-benar menganggu.

12. Tak suka film kekerasan

Karena orang-orang sangat sensitif itu memiliki empati tinggi. Ketika menonton film-film kekerasan atau horor, orang ini tak suka.

 

3 dari 3 halaman

Mudah menangis

13. Lebih suka di meja cubicle

Seperti suka olahraga sendiri, saat bekerja mereka juga lebih suka bekerja di tempat yang privat seperti meja kerja dengan cubicle. Karena lebih mudah bagi mereka membatasi di sekitar mereka.

 

14. Mudah menangis

Menonton film yang agak 'menyentuh', sudah mudah bagi orang-orang sangat sensitif menangis. Jika keluarga atau teman dekat sudah menyadari dia mudah menangis itu, bakal lebih mudah baginya untuk menangis tanpa perlu malu atau bersalah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.