Sukses

Tampil di Google Doodle Hari Ini, Siapa Paula Modersohn-Becker?

Liputan6.com, Jakarta Pelukis ekspresionis Paula Modersohn-Becker tampil di Google Doodle hari ini bertepatan dengan hari lahirnya ke 142.

Semasa hidup, tokoh Google Doodle hari ini itu melahirkan karya-karya hebat yang menghentak di masanya. Wanita asal Jerman ini mengekspresikan kebebasan saat melukis di atas kanvas, salah satunya bertema wanita tanpa busana.

Di masa itu, wanita kerap menjadi objek seni laki-laki. Namun, Paula sebagai wanita untuk pertama kali membuat karya seni wanita bugil dan aktivitas lainnya.

"Autoportrait au Sixième Anniversaire de Mariage" adalah salah satu karyanya yang memperlihatkan wanita hamil setengah telanjang. Sorot wanita yang rupanya adalah dirinya dalam lukisan itu terlihat tajam sambil memegang perutnya yang membesar.

Lukisan lain yang juga memperlihatkan wanita telanjang dengan indah adalah "Self-Portrait with Amber Necklace". Diceritakan di lukisan tersebut ada wanita yang bahagia di depan taman bunga. Tanpa busana sedikit pun, tubuhnya hanya ditutupi oleh kalung emas ukuran besar tepat di atas dadanya.

Ia melukiskan wanita menyusui dalam banyak ragam. Ada ibu yang tiduran tanpa busana dan menyusui buah hatinya di tengah malam dalam lukisan berjudul "Recling Mother and Child". Dalam "Kneeling Breastfeeding Mother", Modersohn-Becker lagi-lagi menggambarkan seorang ibu yang berlutut menggendong bayinya yang nampak asyik menyusui.

Lukisan-lukisan tersebut bukan sekadar gambaran wanita telanjang atau menyusui saja, melainkan bentuk deklarasi kebebasan. Pada saat itu, potret wanita telanjang kerap menjadi objek laki-laki. Namun, sosok yang tampil di Google Doodle hari ini itu menciptakan konstruksi baru lewat lukisannya bahwa wanita mampu menjadi dirinya sendiri seperti ditulis Sue Hubberd dalam laman Independent dilansir Kamis (8/2/2018).

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

1 dari 2 halaman

Meninggal usia 31

Paula mencapai puncak karier pada 1906. Di tahun tersebut dia sudah bisa menghasilkan lebih dari 80 lukisan.

Namun sayang, wanita hebat ini harus menuinggal di usia muda. Sekitar 19 hari usai melahirkan anaknya bersama Otto Modersohn, dia meninggal.

Saat itu dia mengeluhkan sakit kaki usai melahirkan Mathilde, dokter pun menyarankan agar dia tetap di ranjang. Namun pada 21 November, usai berjalan beberapa langkah, ia meninggal pada usia 31.

Walau hidupnya tak selama orang-orang kebanyakan, Paula menghasilkan sekitar lebih dari 700 lukisan dan 1.000 gambar.

Artikel Selanjutnya
Top 3 Tekno: Didi Chuxing Perketat Sistem Keamanan karena Kasus Kriminal
Artikel Selanjutnya
Pencipta Atlas Abraham Ortelius Muncul di Google Doodle Hari Ini