Sukses

Dolores O'Riordan Tutup Usia, Kenali 4 Pemicu Kematian Mendadak

Kematian mendadak Dolores O'Riordan masih belum terungkap. Namun, kita bisa mewaspadai apa saja penyebab kematian di usia muda.

Liputan6.com, Jakarta Meninggalnya Dolores O'Riordan masih meninggalkan misteri. Vokalis The Cranberries ini mengembuskan napas terakhir di sebuah hotel di London, Senin (15/1/2018). Pelantun hits "Linger" dan "Zombie" ini berpulang di usia 46 tahun.

Sampai saat ini kematian mendadak vokalis grup band asal Irlandia itu masih belum diketahui penyebabnya. Dalam dunia kesehatan, ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kematian mendadak seperti Dolores O'Riordan

Mengutip laman KlikDokter, Selasa (16/1/2018), dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid menuliskan sederet penyakit yang bisa membuat orang meninggal mendadak.

1. Serangan jantung

Penyakit jantung merupakan biang keladi penyebab kematian mendadak. Di antara semua jenis penyakit, serangan jantung merupakan penyebab utama kematian mendadak pada usia muda.

Orang yang berisiko tinggi mengalaminya adalah yang memiliki hipertensi, diabetes, kegemukan, kolesterol tinggi, dan kebiasaan merokok.

 

Simak juga video menarik berikut :

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Perdarahan otak

Perdarahan otak yang luas bisa menyebabkan kematian mendadak. Pada orang tua, perdarahan otak ini sering disebabkan stroke. Sedangkan pada orang muda, perdarahan otak umumnya terjadi karena pecahnya aneurisma (pelebaran pembuluh darah) di otak.

Tak semua orang memiliki aneurisma di otak. Diperkirakan hanya 2 dari 100 orang dewasa di dunia yang memiliki aneurisma otak. Kondisi ini umumnya bergejala, atau hanya menimbulkan sakit kepala hilang timbul saja.

3 dari 4 halaman

3. Emboli Paru

Emboli paru merupakan penyakit yang ditandai dengan tersumbatnya pembuluh darah paru secara tiba-tiba sehingga menyebabkan oksigen tidak dapat masuk ke paru dan seluruh peradaran darah di tubuh.

Kondisi emboli paru disebabkan oleh orang yang mengalami gangguan pengentalan darah, orang yang berbaring atau duduk dalam kondisi yang sangat lama (misalnya bepergian selama lebih dari 6 jam dengan pesawat), atau orang yang mengalami gangguan pembuluh darah (misalnya peradangan pembuluh darah karena penyakit autoimun).

 

4 dari 4 halaman

4. Aritmia

Aritmia merupakan kondisi jantung yang berdetak secara tidak teratur. Pada orang usia muda, aritmia biasanya disebabkan kelainan bawaan seperti penyakit kardiomiopati hipertrofik dan sindrom Brugada. Kondisi aritmia yang hilang timbul dapat menyebabkan jantung berhenti mendadak sewaktu-waktu. Penyakit ini sering kali tidak menimbulkan gejala apa pun.

Perlu Anda ketahui, tidak semua penyebab kematian mendadak seperti yang dialami Dolores O’Riordan bisa diketahui dan dicegah. Namun jika ada anggota keluarga yang mengalami kematian mendadak, sebaiknya Anda melakukan medical check up menyeluruh secara berkala. Fungsinya agar bisa mendeteksi dini penyakit yang belum pernah diketahui.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.