Sukses

Terungkap, Ini Usia Pacaran Ideal Sebelum Putuskan Menikah

Liputan6.com, Jakarta Seorang teman baru pacaran sekitar empat bulan dan merasa cocok, dia pun memutuskan menikahi pasangannya. Sementara, teman yang lain butuh waktu pacaran bertahun-tahun sebelum melaju ke jenjang pernikahan. Lalu, idealnya berapa lama pacaran sebelum memutuskan menikah?

Untuk menjawab pertanyaan lama pacaran ideal sebelum menikah mari menilik beberapa riset. Salah satunya studi yang dilakukan peneliti Penn State University Amerika Serikat, Professor Ted L. Huston, bertajuk PAIR Project.

Pemimpin studi menganalisis 168 pasangan yang sudah menikah 14 tahun, lalu menanyakan kepuasan terhadap pernikahan. Hasil studi menunjukkan pasangan yang rata-rata pacaran 25 bulan atau lebih memiliki pernikahan paling bahagia seperti mengutip Verilymag, Jumat (5/1/2018).

Studi ini juga menilik pasangan yang pacaran di bawah satu tahun sebelum menikah. Hasilnya pasangan yang baru kencan hitungan bulan rata-rata pernikahan berjalan tujuh tahun dan berakhir dengan perceraian.

Studi lain yang dilakukan peneliti Emory University Amerika Serikat mencoba melakukan penelitian terhadap sekitar 300 pasangan. Mereka yang pacaran tiga tahun atau lebih cenderung 39 persen tidak bercerai dibandingkan yang pacaran kurang dari setahun.

 

 

Saksikan juga video menarik ini:

1 dari 2 halaman

Paling aman pacaran 1-2 tahun sebelum menikah

Sebagian besar pakar hubungan mengatakan paling tidak setahun membina hubungan sebelum memutuskan menikah.

"Saya merekomendasikan minimal satu tahun berhubungan untuk memiliki pemahaman yang baik dan jelas tentang apa yang mereka cari dari pasangan," kata pakar hubungan Stephen J. Betchen.

"Saat menjalin hubungan mereka bisa mengeksplorasi banyak hal seperti belajar toleransi dan mengenal tujuan masa depan," tambah Betchen lagi.

Pendapat terapis hubungan senior John Amodeo pun tidak jauh berbeda dengan Betchen. Masa pacaran paling aman sebelum memutuskan menikah adalah satu hingga dua tahun.

"Saya harus mengakui, saya gugup ketika mendengar orang akan menikah padahal baru kenal kurang dari satu tahun," kata Amodeo.

"Dibutuhkan waktu untuk mengenal seseorang dan butuh waktu juga untuk melihat sisi gelap pasangan," pesan Amodeo lagi.

Bila, pacaran hanya berlangsung kurang dari satu tahun dan keduanya sama-sama cocok dan dewasa, kata Amodeo, pernikahan bisa saja berlangsung sehat dan langgeng.

Artikel Selanjutnya
Marcell Darwin Mulai Khawatir Masalah Jodoh
Artikel Selanjutnya
10 Tahun Menjanda, Aline Adita Segera Menikah Lagi