Sukses

Ini Bukti Indonesia Punya Ilmuwan Peneliti Diabetes Hebat

Ada 763 proposal penelitian terkait diabetes tipe 2 yang dikirim ke Nutrifood untuk ajang Nutrifood Research Center (NRC) Grant 2017.

Liputan6.com, Jakarta Nutrifood memberikan penghargaan kepada peneliti, dosen, dan mahasiswa yang mendukung penemuan baru terkait diabetes tipe 2.

Ajang tahunan yang telah dilakukan selama tiga tahun ini ternyata cukup menarik minat peserta. Setidaknya ada 763 proposal penelitian yang masuk dan dinilai oleh tim juri.

Tiga proposal penelitian terbaik pemenang Nutrifood Research Center Grant 201 jatuh kepada tim mahasiswi S1 asal Universitas Udayana-Bali, sementara kedua tim lainnya merupakan tim dosen dan peneliti dari Universitas Surabaya dan Universitas Gadjah Mada-Yogyakarta.

Prof. Dr. Antonius Suwanto yang mewakili tim juri, menyampaikan, program ini bisa membuka mata masyarakat bahwa Indonesia memiliki peneliti-peneliti berkualitas. 

"Peneliti (diabetes) ini berperan memajukan ilmu kesehatan, tidak hanya dalam tingkat lokal, bahkan juga internasional," katanya saat temu media, Selasa (28/11/2017).

 

 

 

Simak video berikut ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenapa diabetes?

Astri Kurniati, ST, MappSc, Head of Nutrifood Research Center mengatakan, tema ini dipilih karena kasus diabetes melitus tipe 2 terus meningkat dari tahun ke tahun.

"Faktanya, riset Kesehatan Dasar 2013 menyebutkan bahwa prevalensi penderita diabetes di Indonesia kian meningkat dari 5,7 persen menjadi 6,9 persen pada tahun 2017, dengan total kasus diabetes yang telah mencapai angka 10 juta sejak tahun 2015," kata Astri di acara tersebut.

Selain itu, survei menunjukkan bahwa 1 di antara 11 orang dewasa menderita diabetes. Dan angka tersebut diprediksi akan terus meningkat di tahun 2040, dengan prevalensi 1 di antara 10.

Ditemukan juga bahwa 90 persen di antara kasus diabetes yang ada, merupakan kasus diabetes melitus tipe 2 yang pencetusnya justru dipengaruhi oleh gaya hidup.

Penelitian hasil NRC Grant terkait diabetes melitus tipe 2 ini diharapkan berkontribusi dalam menurunkan prevalensi angka penderita atau kematian akibat diabetes di masa yang akan datang.

 

 

3 dari 3 halaman

Tentang Nutrifood Research Center Grant 2017

Nutrifood Research Center Grant 2017 merupakan program bantuan dana penelitian yang diberikan bagi peneliti, dosen, dan mahasiswa untuk mendukung lahirnya penelitian di bidang diabetes sebagai bagian dalam rangka menginspirasi kehidupan masyarakat yang lebih sehat dengan mengurangi prevalensi diabetes melitus tipe 2 di Indonesia.

Nutrifood Research Center Grant 2017 memberikan dana penelitian dengan ketentuan pengajuan maksimal:

Rp 50.000.000,00/proposal untuk Mahasiswa aktif S1

Rp 100.000.000,00/ proposal untuk Mahasiswa aktif S2

Rp 200.000.000,00/ proposal untuk Dosen dan Peneliti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.