Sukses

6 Tanda si Kecil Menderita Diabetes, Waspadai

Jika Anda khawatir anak mengalami diabetes, waspadai beberapa gejala berikut

 

Liputan6.com, Jakarta Gejala atau simtom diabetes tipe 2 tidak selalu mudah diketahui. Pada kebanyakan kasus, penyakit ini berkembang secara bertahap, membuat simtomnya semakin sulit dideteksi.

Banyak orang yang tidak merasakan simtom apa-apa. Anak-anak bisa jadi tidak menunjukkan simtom yang jelas. Jika Anda khawatir anak mengalami diabetes, waspadai beberapa gejala berikut seperti dikutip dari ucsfhealth.org, Selasa (14/11) :

1. Kelelahan terus menerus

Jika anak merasa lelah atau ngantuk secara berlebihan, tubuh mereka mungkin tidak memiliki cukup gula sebagai bahan bakar untuk melakukan seluruh fungsi tubuh.

2. Haus yang berlebihan

Anak dengan rasa haus yang berlebihan bisa jadi memiliki kadar gula darah yang tinggi.

3. Sering buang air

Tingginya kadar gula pada aliran darah bisa menarik cairan dari jaringan tubuh. Hal ini bisa membuat anak bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil.

Anak dengan diabetes tidak memiliki cukup insulin untuk mensuplai bahan bakar ke seluruh sel tubuh. Makanan jadi sumber energi alternatif. Hal ini membuat anak jadi lebih sering merasa lapar.

5. Luka lama sembuh

Luka atau infeksi yang tidak sembuh-sembuh atau membutuhkan waktu lama untuk menutup juga bisa jadi tanda diabetes tipe 2.

6. Kulit menggelap

Jika anak memiliki diabetes tipe 2, Anda mungkin akan menyadari ada bagian kulitnya yang menggelap. Resistensi insulin bisa membuat kulit jadi lebih hitam, biasanya terjadi pada ketiak atau leher.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.