Sukses

Ini Daftar Pemenang Karya Sains Kalbe Junior Scientist Award 2017

Liputan6.com, Jakarta Kalbe mengumumkan pemenang Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) pada Sabtu (14/10/2017) di Pasar Seni Ancol, Jakarta Utara. KJSA merupakan program penghargaan yang diberikan kepada karya sains terbaik di Indonesia untuk tingkat Sekolah Dasar (SD).

Sebelumnya, Kalbe telah menerima 1.103 karya di bidang sains. Karya ini berasal dari 26 Provinsi dan 97 Kabupaten dan Kota se Indonesia. Dewan juri kemudian memilih 18 finalis terbaik. Para juri terdiri dari Kepala Pusat Inovasi LIPI, Matematikawan Fakultas MIPA Institut Teknologi Bandung , Dekan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI serta Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud RI.

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Tehnik LIPI DR. L. T. Handoko menjelaskan proses penilaian yang dilakukan terhadap karya para peserta.

"Kriteria yang digunakan dalam penjurian adalah kreativitas, inovasi, originalitas tanpa mengesampingkan nilai integritas. Artinya ide pembuatan karya, merupakan ide dari anak didik itu sendiri," ucap Handoko saat ditemui di acara tersebut.

Dia menjelaskan, setelah 18 finalis melakukan presentasi karya sains, kemudian juri menetapkan 9 pemenang karya terbaik dan 9 pemenang karya terunggul yang satu di antaranya menjadi pemenang favorit. Selain itu, Kalbe juga memberikan penghargaan kepada seluruh guru pendamping dan memberikan tabungan pengembangan pendidikan.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

2 dari 3 halaman

Menciptakan generasi tangguh dan berdaya saing tinggi

Dalam acara pengumuman pemenang tersebut hadir pula perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Presiden Direktur Kalbe dan Dewan Juri.

Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kemdikbud, Drs. Wowon Widaryat mengatakan, Kemdikbud mendukung dan mengapresiasi ajang perlombaan sains yang digelar Kalbe tersebut.

"Program ini sejalan dengan apa yang tertuang dalam kurikulum K13, di mana anak menyalurkan kreativitasnya sementara guru hanya mengarahkan. Diharapkan dengan adanya program ini kita dapat menciptakan generasi tangguh, berkarakter dan berdaya saing tinggi," jelas Wowon.

Selain itu, diharapkan pula kedepannya peserta KJSA dapat menciptakan inovasi dan terus mengembangkan ide yang dimiliki.

"Dengan adanya ajang seperti ini, semoga anak-anak dapat melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Untuk mencapai hal tersebut yang penting adalah melakukan riset dan mengembangkan inovasi," ucap Kepala Badan Litbangkes Kemenkes dr. Siswanto, MPH DTM, dalam acara tersebut.

3 dari 3 halaman

Pemenang Kalbe Junior Scientist Award 2017

Berikut adalah daftar 9 pemenang karya terunggul dan mendapatkan hadiah tabungan pendidikan sebesar Rp. 10.000.000,-

1. Prajna Wijaya dan Evan Varellino dari SDS Narada dengan karya Sikat Gigi Anti Jatuh Untuk Anak Kecil dan Manula.

2. Roffifah Yusriah Putri dan Annisa Ramadhani Fatkhurahman dari SDIT Insantama Bogor dengan karya Shaft Salat dengan Laser.

3. Ahmad Faqih Amin dan Heiko Rendra dari SD AL Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto dengan karya Charger Tiup.

4. Muhammad Attariza dan Wafiq Dinda dari SDIT AT-Taqwa Surabaya dengan karya Doc-Nyek (Pembuat Susu Bayi Otomatis).

5. Aang Maulana dan Ahada Angkasa dari SD Unggulan Al - Ya'Lu Malang dengan karya Ki Pesat (Kipas Pemanggang Sate).

6. Juan Carlo Vieri dan Eugenia Aileen dari SD Intan Permata Hati Surabaya dengan karya Alat untuk Memperpendek Waktu Antrian Pemesanan Makanan di Kantin Sekolah.

7. Idelle Ariqa dan Dustin Raka dari SMPN 1 Sanggau, Kapuas Hulu dengan karya ACAKESA (Aplikasi Campuran Abu Boiler dan Tandan Kosong Kelapa Sawit) Sebagai Unsur Hara pada Tanah Podsolik Merah Kuning (PMK)

8. Angelina Abigail dan Natasya Agelina dari Santo Nicholas School Medan dengan karya Biodegradeble Plastic.

9. Calvinus Alexander dan Carlos Luther dari D'Rec Robotics Sains School Jepara dengan karya EMPATI (Empat Macam Pewangi Dalam Satu Hati).

Dari 9 pemenang tersebut dipilihlah satu pemenang favorit yang mendapatkan tambahan hadiah sebesar Rp 5.000.000,- Hadiah tersebut jatuh kepada Prajna Wijaya dan Evan Varellino dari SDS Narada dengan karya Sikat Gigi Anti Jatuh untuk anak kecil dan manula. Sisanya, 9 pemenang karya terbaik juga mendapatkan hadiah tabungan pendidikan sebesar Rp. 6.000.000,-