Sukses

Operasi Tumor Otak Lewat Alis Mata Bisa Angkat Tumor Ukuran Besar

Operasi tumor otak melalui alis mata tidak hanya berlaku untuk tumor berukuran kecil, tapi tumor yang besar juga bisa diangkat.

Liputan6.com, Jakarta Metode keyhole (operasi lubang kunci) yang diterapkan dalam operasi tumor otak tidak hanya berlaku pada bentuk tumor otak yang ukurannya kecil (berdiameter antara 1 sampai 4 cm). Bentuk tumor otak yang ukurannya besar dengan diameter lebih dari 4 cm juga bisa diterapkan menggunakan keyhole--sayatan melalui alis mata.

Hal tersebut dijelaskan dr. Agus C Anab, SpBS, dokter spesialis bedah saraf dari tim medis Comprehensive Brain and Spine Centre (CBSC) Indonesia.

"Ukuran tumor yang besar juga bisa menggunakan metode keyhole. Itu diambilnya sedikit-sedikit, per milimeter. Secara teknik sama dengan pengambilan tumor yang ukurannya kecil. Diambilnya tetap sedikit-sedikit," jelas dokter yang akrab disapa dr Aca ketika ditemui dalam acara "CBSC Indonesia Tangani Bedah Tumor Otak dengan Metode Keyhole melalui Alis Mata" di Hotel Atlet Century Senayan, Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Cara pengangkatan tumor yang sedikit demi sedikit ini bertujuan melindungi saraf otak yang berada di sekitarnya.

"Operasi tumor otak itu terbilang  sangat sulit. Tersenggol sedikit saja sarafnya bisa berbahaya. Otak bisa terkena gangguan (kinerja otak tidak seimbang)," lanjut dr Aca.

 

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tumor jinak dan ganas

Jenis tumor, baik tumor jinak maupun ganas juga bisa diangkat dengan metode keyhole. Namun, ada hal yang membedakan pengangkatan tumor jinak dan ganas.

"Tumor ganas itu justru lebih mudah diangkat. Teksturnya lebih soft (halus). Bahkan disedot saja juga mudah. Kalau tumor jinak masih menempel di area otak," ungkap dr Aca.

Adanya tekstur tumor yang berbeda juga berpengaruh pada durasi operasi. Pengangkatan tumor jinak bisa lebih dari 4 jam, sedangkan tumor ganas lebih cepat (kurang dari 4 jam).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.