Sukses

Ini 6 Cara Mudah Terhindar dari Influenza

Virus influenza mudah menyebar dan menular ke manusia lain. Berikut cara mencegah penularannya.

Liputan6.com, Jakarta Influenza merupakan penyakit infeksi saluran pernapasan akut yang disebabkan oleh virus influenza. Penularan influenza sangat mudah karena bisa menular melalui udara pada saat orang berbicara, batuk dan bersin.

Selain penyebaran virus melalui udara, penularan influenza juga bisa melalui kontak langsung maupun melalui barang yang sebelumnya pernah dipegang oleh penderita.

Menurut Direktur Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Dr. Wiendra Waworuntu, M.Kes, penyebab influenza dapat disebabkan oleh virus musiman atau virus yang sudah ada dan jenis virus baru.

"Virus yang belum ada sebelumnya atau virus jenis baru harus diwaspadai karena dapat menjadi wabah," ucap Dr. Wiendra dalam acara temu media di Kementerian Kesehatan pada Rabu (13/9/2017).

Lebih lanjut dia menjelaskan, jarak waktu seseorang terpapar virus hingga menimbulkan gejala bervariasi yaitu antara satu hingga empat hari. Sementara untuk kasus flu burung, biasanya masa inkubasi antara satu hingga sepuluh hari.

Saksikan video menarik berikut:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mencegah penularan virus influenza

Untuk mencegah penularan virus influenza, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

1. Mencuci tangan dengan sabun dengan air bersih yang mengalir.
2. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitar Anda dengan tidak membuang dahak atau ludah sembarangan.
3. Bila bersin atau batuk, tutup hidung dan mulut dengan tisu dan buang tisu di tempat sampah. Jagalah jarak sedikitnya satu meter dengan orang lain, terutama jika sedang sakit influenza.
4. Bila mengalami gejala influenza segeralah ke dokter, puskesmas, rumah sakit atau klinik terdekat.
5. Hindari kontak dengan orang yang berasal atau baru bepergian dari negara yang sedang terjangkit influenza atau flu burung.
6. Waspadai kalau ada unggas yang mati mendadak dalam jumlah yang banyak dan laporkan ke RT atau RW atau puskesmas sesegera mungkin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini