Sukses

5 Minuman Sehat yang Tak Kalah Segar dari Soda

Walau memiliki banyak penggemar, soda telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Soda telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan diabetes. Soda juga merupakan alasan utama meningkatnya kasus obesitas.

Minum soda bisa memicu hasrat menginginkan makanan manis dengan menumpulkan kepekaan terhadap selera manis. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengonsumsi lebih banyak makanan dan minuman manis.

Asupan soda diet secara langsung berhubungan dengan lemak perut pada orang dewasa di atas usia 65 tahun.

Peningkatan ukuran pinggang di antara peminum diet soda adalah tiga kali lipat bila dibandingkan dengan yang tidak minum soda. Inilah kenapa, penting untuk segera mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan minum soda, dan menggantinya dengan minuman yang lebih sehat.

Sesuai dengan saran Dr. Manjari Chandra, Ahli Nutrisi Senior, Max Healthcare, segala sesuatu yang ada dalam kotak, kaleng dan makanan yang diproses sangat tidak sehat, karena mengandung gula tambahan.

"Idealnya, mengganti minuman yang tidak sehat sangat mudah. ​​Anda bisa minum minuman yang lebih alami seperti secangkir kopi, teh segar atau air infused yang disertai dengan rasa kayu manis dan lemon. Ini dianggap sebagai alternatif yang lebih sehat," kata Chandra.

Inilah beberapa minuman terbaik yang bisa menggantikan soda, seperti yang dilansir dari laman Boldsky, Selasa (5/9/17).

5 alternatif sehat

1. Infused water

Dr. Manjari, menyarankan untuk mengonsumsi air putih dengan tambahan bahan alami. Anda bisa menambahkan irisan buah dan sayuran seperti lemon, jeruk, semangka, mentimun, mint atau jeruk nipis pada air.

2. Teh hijau

Anda bisa minum teh hijau panas atau dingin. Ini membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, penyakit jantung, hipertensi, batu ginjal, dll. Ini adalah salah satu minuman terbaik untuk menggantikan soda.

3. Air lemon atau jeruk nipis

Mulailah dengan segelas air mineral, tambahkan beberapa irisan lemon atau jeruk nipis, yang merupakan minuman bebas kalori dan rendah karbohidrat. Ini adalah salah satu minuman terbaik yang bisa menggantikan soda.

4. Jus dengan air karbonasi

Mencampur 100 persen jus dengan air karbonasi memberi Anda beberapa manfaat kesehatan. Anda bisa meminum jus delima atau jus anggur yang dicampur. Hal ini dapat membantu melawan infeksi saluran kemih dan batu ginjal. (Michelle Tania)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.