Sukses

Wanita Harus Lakukan Ini Guna Terhindar dari Diabetes

Berikut ini tips mencegah diabetes pada wanita.

Liputan6.com, Jakarta Diabetes merupakan penyakit degeneratif yang disebabkan tingginya kadar gula dalam darah. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak mampu memproduksi cukup insulin.

Insulin merupakan hormon yang diproduksi oleh pankreas. Hormon ini berfungsi mengantarkan glukosa dari darah ke dalam sel yang digunakan sebagai tenaga.

Dilansir dari laman Ndtv, Sabtu (5/8/2017), diabetes terbagi dalam dua tipe. Diabetes tipe 1 kebanyakan disebabkan hasil penghancuran sel beta pankreas oleh sistem kekebalan tubuh. Anak dengan orangtua pengidap diabetes memiliki risiko mengidap diabetes jika tidak menjaga pola hidup sehat.

Selanjutnya, diabetes tipe 2 yaitu diabetes yang disebabkan insulin tidak cukup dan tidak bekerja dengan baik. Diabetes tipe 2 berisiko menyerang wanita yang mengalami obesitas, wanita berumur di atas 45 tahun, wanita dengan keluarga pengidap diabetes, memiliki tingkat trigliserida tinggi, dan memiliki riwayat penyakit jantung dan stroke.

Mengutip laman Ndtv, berikut ini ada tiga cara sederhana mencegah diabetes pada wanita.

1. Menjaga berat badan

Faktor utama pemicu diabetes adalah berat badan. Terlalu banyak jaringan lemak dalam tubuh membuatnya tahan terhadap insulin. Selain itu, akumulasi lemak di sekitar perut membuat Anda berisiko tinggi terkena diabetes.

Cara sederhana menurunkan berat badan yaitu dengan makan perlahan dan kunyah makanan dengan benar, minum segelas air 10 menit sebelum makan dan atur makan Anda dengan seperempat porsi protein, seperempat porsi gandum, setengah porsi buah dan sayur.

2. Makan makanan sehat

Konsumsi makanan sehat dapat mengurangi risiko terkena diabetes. Misalnya, konsumsi gandum. Dalam penelitian Nurses' health disebutkan bahwa wanita yang mengkonsumsi dua atau tiga porsi gandum perhari dapat mengurangi risiko diabetes sebanyak 30 persen.

Selain itu, perbanyak minum jus buah. Menurut penelitian, wanita yang minum satu atau lebih jus buah dapat menekan risiko diabetes hingga 83 persen. Selain itu, pilihlah minuman rendah gula seperti air kelapa, air putih dan teh hijau.

3. Banyak bergerak

Bergerak aktif dapat membantu mengontrol berat badan dan meningkatkan fungsi insulin. Untuk menjalankannya, cobalah dengan bergerak selama 30 menit sehari. Berjalan kaki merupakan salah satu cara yang dapat dicoba.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes

  • Wanita

Video Terkini