Sukses

Orangtua Harus Tahu 3 Hal Ini Sebelum Gunakan Car Seat Anak

Sebelum gunakan car seat, orangtua harus mengetahui panduan penting berikut.

Liputan6.com, Jakarta Car seat atau kursi mobil khusus anak, memang dirancang agar anak aman dan nyaman saat berkendara. Sayangnya, tak semua orangtua paham betul penggunaan kursi khusus ini.

Berikut hal penting yang harus diperhatikan sebelum menggunakan kursi mobil anak. Terutama bagi orangtua yang baru mempunyai anak, berdasarkan paparan profesor pediatri di Oregon Health & Science University dan Certified Child Passenger Safety Technician (CPS), Ben Hoffman, MD, dikutip dari Real Simple, Selasa (1/8/2017).

1. Sebanyak 95 persen orangtua langsung menaruh bayi baru lahir di car seat

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Pediatrics, Hoffman menemukan, 95 persen orangtua menduduki anaknya yang baru lahir saat pulang dari rumah sakit. Ditambah, cara memasang yang tidak tepat menyebabkan kesalahan fatal.

"Kesalahan terbesar adalah membiarkan tali pengikat terlalu longgar. Kesalahan besar lainnya adalah membiarkan klip dada tidak terkunci rapat atau meletakkannya terlalu rendah," kata Hoffman.

2. Jangan pakai kursi mobil anak bekas

Anda harus mengetahui sejarah dari penggunaan kursi mobil anak. Menurut Hoffman, kursi mobil anak yang bekas, khususnya kursi yang sudah pernah kecelakaan dalam mobil, tidak boleh digunakan lagi karena fungsinya sudah berkurang.

3. Diganti enam tahun sekali

Batas penggunaan car seat ialah enam tahun. Hoffman menyarankan, jika lebih dari itu, Anda harus menggantinya.

"Anda harus bisa menemukan tanggal pada stiker di kursi dan pastikan dari waktu ke waktu bahan termasuk jok di kursi masih layak, aman, dan nyaman digunakan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.