Sukses

Tanda Nilai Gotong Royong di Indonesia Menurun

Nilai gotong royong yang terus berkurang dapat dilihat dari sifat manusianya yang seperti ini.

Liputan6.com, Jakarta Masalah kependudukan Indonesia kian hari makin menantang. Selain mengendalikan jumlah penduduk, pemerintah pun harus menjaga kualitas manusianya.

Menurut Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Surya Chandra, tantangan kependudukan Indonesia ditandai dengan banyaknya gesekan di masyarakat.

"Bisa dilihat dari makin maraknya kriminalitas, kekerasan antarwarga. Ini berarti nilai gotong royong hampir habis di negara kita, harus kita kembalikan lagi," kata Surya dalam sambutannya ketika membuka pameran dan gelar dagang dalam rangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) di PKOR Way Halim, Bandar Lampung, Jumat (14/7/2017).

Guna meningkatkan kualitas karakter bangsa, Surya mengingatkan peran strategis keluarga. Keluarga merupakan wahana dan lingkungan utama dan pertama bagi anak untuk memperoleh pendidikan sehingga mampu menyerap hal positif dari keluarga.

Di dalam keluarga pun, anak belajar mengembangkan kemampuan serta mengadopsi nilai sosial dan budaya yang berlaku. Sehingga, karakter anak pun berkualitas yang berdampak pada kualitas bangsa pada masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini