Sukses

Gunanya Ibu Baru Rutin Kontrol Kandungan ke Dokter

Inilah sejumlah pemahaman yang harus calon ibu baru tahu agar nutrisi untuk janin terpenuhi.

Liputan6.com, Jakarta Calon ibu baru harus bisa mengenal tahapan proses perkembangan janin. Juga informasi mengenai nutrisi apa saja yang dibutuhkan. Serta mencari tahu sejumlah risiko yang mesti dihindari.

Demikian kata Spesialis Kebidanan dan Kandungan Siloam Hospitals Surabaya, dr Harry K Gondo dalam acara senam hamil dan seminar Welcome to Parenthood, Rabu, 17 Mei 2017.

Dalam kesempatan itu Harry mengingatkan para ibu baru untuk rutin kontrol ke dokter kandungan. Menurut Harry, pemeriksaan kesehatan janin berguna mendeteksi lebih dini kelainan yang mungkin diderita si jabang bayi.

"Kontrol rutin dengan pemeriksaan USG setiap bulannya penting untuk memonitor perkembangan bayi," kata Harry seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Jumat (26/5/2017)

Lebih lanjut, pemilihan fasilitas kesehatan selama kontrol kehamilanan dan persalinan juga hal yang sangat penting. Perhatikan standar dari semua fasilitas, kamar operasi, NICU dari rumah sakit yang dipilih.

Menurut Harry, di zaman modern kayak sekarang, skrining USG 4D dan prenatal testing melalui pemeriksaan darah ibu dapat mengiformasikan keadaan bayi lebih akurat.

Di Siloam Hospitals Surabaya, tambah Dr dr Dian Pratamastuti SpA, sangat mendukung gerakan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan program ASI eksklusif.

IMD dilakukan dengan segera meletakkan bayi ke dada ibu, sehingga terjadi kontak antarkulit, sekurang-kurangnya selama satu jam guna memberi kesempatan kepada bayi menyusu sesegera mungkin.

IMD ini juga bermanfaat merangsang keluarnya ASI untuk memberi kekebalan pada bayi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini