Sukses

Mengukur Tekanan Darah Lebih Efektif Dilakukan di Rumah

Sebaiknya, lakukan pengukuran tekanan darah di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Orang yang menderita hipertensi (tekanan darah tinggi) harus melakukan pengukuran tekanan darah secara teratur. Cara ini bertujuan melihat sejauh mana tekanan darah dapat terkontrol. Penanganan pun bisa segera dilakukan bila tekanan darah tidak dapat terkontrol.

Jika Anda biasanya melakukan pengukuran tekanan darah di klinik atau rumah sakit, sebaiknya perlu dipertimbangkan kembali. Hasil pengukuran tekanan darah ternyata lebih efektif dilakukan di rumah.

Ada beberapa alasan yang memengaruhi hal tersebut,  sebagaimana dijelaskan Dokter Spesialis Saraf dari Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya, dr Yuda Turana.

Pengukuran tekanan darah yang dilakukan di klinik atau rumah sakit kurang menghasilkan pengukuran tekanan darah yang sebenarnya.

"Kalau Anda mengukur tekanan darah di klinik atau rumah sakit itu banyak hambatannya dan hasilnya juga kurang maksimal. Bisa saja hasil tekanan darah yang keluar itu sebenarnya tidak begitu tinggi, tapi karena Anda mungkin stres melihat pasien lain atau menunggu antrean yang  lama, tekanan darah bisa berubah tinggi," jelas dr Yuda usai acara May Measurement Month, yang mengangkat bahaya hipertensi di Fairmont Hotel, Jakarta pada Senin (22/5/2017).

Selain itu, tekanan darah juga bisa tinggi saat Anda bertemu dokter.

Oleh karena itu, dr Yuda menyarankan untuk mengukur tekanan darah di rumah sendiri. Lingkungan di rumah bisa membuat Anda lebih rileks sehingga lebih mungkin menunjukkan tekanan darah yang sebenarnya.

Jika stres pun, Anda tetap bisa bersantai atau istirahat sejenak sebelum melakukan pengukuran tekanan darah di rumah. Anda bisa melakukan pengukuran tekanan darah sebanyak dua kali sehari, yaitu pagi dan sore hari. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.