Sukses

Makan Upil Baik untuk Kesehatan Tubuh

Meski terdengar menjijikan, peneliti dari Kanada mengklaim makan upil dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan mengupil lalu memakan kotoran hidungnya diklaim menyehatkan oleh sejumlah pakar. Seperti yang dikatakan Profesor Biokimia dari University of Saskatchewan di Kanada, Scott Napper, bakteri yang berkumpul dalam rongga hidung dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh jika ditelan. 

"Patogen yang hadir dalam upil atau ingus kita mempunyai rasa manis, dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh jika dimakan," ujar Napper dikutip dari Today I Found Out, Selasa (16/5/2017).

Selain mengupil, ingus atau air lendir yang keluar dari lubang hidung juga menjadi kotoran yang sering kali ditelan oleh individu. Sebuah survei menemukan 90 persen orang dewasa pernah melakukan aktivitas menjijikan ini.

Penelitian pada 2006 silam mengatakan menelan ingus memiliki hubungan erat dengan bakteri yang menyebabkan infeksi dan sinus. Tidak seperti mengupil, peneliti menemukan bakteri yang hadir dalam lendir dapat membahayakan kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini