Sukses

Berikut 7 Cara Cegah Konstipasi Jelang Menstruasi

Liputan6.com, Jakarta Konstipasi bisa membuat Anda merasa gelisah dan tidak enak. Bahkan, konstipasi, kembung, diare, sakit perut dan kram adalah simtom umum yang muncul menjelang menstruasi pada beberapa wanita.

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah konstipasi. Estrogen dan progesterone adalah hormon yang terlibat dalam siklus menstruasi. Dan, progesterone bisa mempengaruhi sistem pencernaan sehingga menyebabkan konstipasi.

Normalnya, setelah menstruasi datang, konstipasi akan hilang. Untuk menjaga tubuh Anda tetap segar dan bugar menjelang dan saat menstruasi, berikut cara-cara mencegah menstruasi, melansir Boldsky, Selasa (13/3/2017):

1. Makan serat

Mulailah mengonsumsi makanan kaya serat sebelum menstruasi. Hal ini bisa mencegah konstipasi sebelum datang bulan.

2. Hindari pemanis buatan

Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung garam atau pemanis buata. Hindari juga makanan olahan sebelum menstruasi. Kedua jenis makanan tadi bisa mempengaruhi baik hormon maupun pencernaan.

3. Berolahraga

Jelang periode menstruasi pastikan Anda cukkup bergerak aktif. Hal ini akan membantu mendongkrak sistem pencernaan sehingga bisa mencegah konstipasi.

2 dari 2 halaman

Pilih makanan dan minuman yang tepat

4. Stop kopi dan alkohol

Kopi dan alkohol bisa mempengaruhi sistem pencernaah. Sebaiknya hindari kedua minuman ini sebelum jadwal datang bulan.

5. Banyak minum

Minum air putih yang banyak, karena air putih memiliki tugas meregulasi pencernaan Anda.

6. Makan kacang-kacangan

Buncis dan kacang polong mengurangi risiko konstipasi. Mereka bisa melalui sistem pencernaan secara mudah. Pastikan memasukkan mereka dalam menu harian.

7. Konsultasi ke dokter

Jika semua tips di atas tidak berhasil mencegah konstipasi, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter--terutama jika konstipasi lantas menjadi isu harian.

BERANI BERUBAH: Soto Gratis Warga Isoman