Sukses

4 Penyebab Lidah Mati Rasa

Liputan6.com, Jakarta Ketika lidah mati rasa, sulit untuk merasakan rasa dari makanan. Padahal lidah merupakan satu-satunya indra pengecap atau perasa yang  Biasanya penyebab lidah mati rasa yang paling umum terjadi pasca-operasi karena anestesi, akibat mengonsumsi alkohol, dan penggunaan obat tertentu termasuk narkotika.

Seperti dilansir Health Hype, Minggu (11/3/2017) efek dari operasi, alkohol, dan obat/zat tertentu akan terjadi dalam jangka pendek. Namun, pada kasus tertentu lidah mati rasa juga dapat bersifat permanen karena adanya kerusakan jaringan atau saraf pada lidah.

Berikut empat kondisi yang menyebabkan lidah mati rasa.

1. Keracunan

Zat beracun yang dapat ditemukan dalam makanan laut seperti ikan dan belut dapat menyebabkan lidah mati rasa dan juga kesemutan. Biasanya zat beracun ini ditemukan pada kulit, hati, dan indung telur ikan.

2. Pascaoperasi gigi

Mati rasa pada lidah, bibir, dan bagian dalam mulut bisa terjadi karena proses anestesi pascaoperasi gigi. Biasanya kondisi ini hanya terjadi sementara dan tidak berakibat fatal.

3. Infeksi

Virus herpes mulut, virus cacar, dan herpes zoster menjadi penyebab dari lidah mati rasa. Infeksi ini umumnya diawali dengan sariawan yang parah.

4. Kelebihan vitamin dan mineral

Ketidakseimbangan vitamin dan mineral pada tubuh juga menyebabkan lidah mati rasa. Kelebihan dan kekurangan kalsium, natrium, kalium, dan vitamin B12 juga berhubungan dengan lidah mati rasa.