Sukses

6 Makanan untuk Atasi Kecanduan Kopi

Walaupun sehat, kopi mengandung banyak kafein yang memiliki efek samping berbahaya bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Kopi memang punya segudang manfaat. Sayangnya, minuman hitam ini juga kaya akan kandungan kafein, yang memiliki segudang efek samping.

Jika Anda sedang berusaha untuk mengatasi kecanduan kopi dan kafein, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Melansir The Health Site, Minggu (26/2/2017) enam makanan pilihan dari ahli nutrisi Urvashi Sawhney ini akan bisa membantu mengatasi kecanduan kopi Anda.

1. Yogurt

Jika tiba-tiba memangkas asupan kafein, Anda bisa mengalami konstipasi. Ini karena tubuh sudah terbiasa dengan efek diuretik dari kafein.

Mengonsumsi lebih banyak probiotik seperti yogurt akan membantu melancarkan sistem pencernaan setelah ditinggalkan kafein.

2. Telur

Makan sarapan yang kaya akan protein akan memberi Anda nutrisi dan energi untuk aktif seharian. Salah satu sumber makanan adalah telur.

Makan telur di pagi hari akan memberi Anda suntikan energi yang biasanya Anda dapatkan dari kafein.

3. Ginseng

Menambahkan satu sendok teh ginseng ke dalam secangkir susu atau semangkuk sereal bisa membantu Anda menghilangkan keinginan untuk minum kopi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa juga diatasi dengan minuman

4. Biji labu atau almond

Segenggam biji labu atau kacang almond di sore hari akan membantu Anda menambah tenaga untuk menghadapi sisa hari. Sesuatu yang biasanya Anda dapatkan dari secangkir kopi sore.

5. Jus lemon

Anda bisa mengganti minuman berkafein favorit dengan jus lemon. Walaupun mungkin rasanya jauh berbeda, meminum jus lemon bisa membantu Anda mencukupi asupan cairan harian dan menurunkan keinginan untuk mencemil sekaligus minum kopi.

6. Teh peppermint

Jika Anda mencoba untuk menjauhkan diri dari minuman berkafein sehari atau dua hari, Anda akan mulai merasakan simtom kecanduan, seperti sakit kepala.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa meminum secangkir teh peppermint yang akan mengurangi sakit kepala Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini