Sukses

4 Jenis Stretch Marks Ini Juga Terjadi pada Pria

Liputan6.com, Jakarta Bagi ibu baru atau wanita yang mengalami penurunan atau peningkatan berat badan tentu akan bermasalah dengan stretch marks di sekitar tubuh mereka. Bukan hanya menganggu penampilan saja, tapi munculnya garis halus ini pada akhirnya dapat membuat wanita merasa tidak pede lagi.

Meski kondisi ini biasanya dialami oleh wanita, ternyata ini juga bisa terjadi pada tubuh pria. Seperti dikutip laman Innovateus, Senin (30/1/2017) berikut beberapa jenis stretch marks yang perlu diketahui pria dan wanita.

1. Distension stretch marks atau albicant lines

Kondisi ini biasanya muncul pada wanita hamil dan wanita atau pria yang mengalami penurunan berat badan secara drastis. Pada beberapa kasus, jenis stretch marks ini juga dapat terjadi pada kondisi patologis tertentu seperti mengalami masalah ginjal dan asites (peningkatan jumlah cairan berwarna kuning pucat pada rongga tubuh).

Biasanya area tubuh yang mengalami stretch marks jenis ini pada dada, perut, dan payudara.

2. Dark red purple atau purpuric stretch marks

Jenis garis halus satu ini terjadi karena konsumsi corticoids (jenis obat).

3. Puberty stretch marks

Jenis stretch marks ini terjadi selama pria dan wanita berada pada masa pubertas. Biasanya jenis garis halus ini berada di atas atau bagian bawah punggung, pinggul, dan payudara.

4. Rapid muscle growth stretch marks

Pembentukan tubuh dan pertumbuhan otot yang cepat akan membangun otot trisep dan otot bahu yang menyebabkan peregangan dari otot-otot yang menyebabkan munculnya stretch marks.