Sukses

Toilet Jepang Sediakan Tisu Khusus untuk Layar Ponsel

Layar ponsel bisa jadi tempat menumpuknya bakteri, terutama jika sering dibawa ke toilet.

Liputan6.com, Jakarta Tak bisa dipungkiri, sekarang memang banyak sekali orang yang membawa ponsel mereka ke dalam toilet. Sebuah studi tahun 2015 dari Verizon menemukan, 90 pesen orang AS menggunakan ponsel mereka sambil BAB.

Hal inilah yang kemudian mendorong bandara di Jepang memasang tisu khusus layar ponsel di toilet-toilet mereka, menurut Huffington Post, dikutip dari Men's Health, Rabu (11/01/2017).

Bukanlah fakta yang mengejutkan bahwa ada sangat banyak kuman di layar ponsel Anda. Berbagai kuman dan bakteria berbahaya, seperti E. coli, influenza, dan MRSA, adalah beberapa di antaranya yang ada di layar ponsel Anda, menurut para peneliti di University of London.

Bahkan, ada sekitar 16 persen kemungkinan terdapat sisa feses di permukaan ponsel Anda. 

Mengingat layar ponsel jarang sekali atau bahkan tidak pernah dibersihkan dengan cairan disinfektan, kuman-kuman tadi akan semakin menumpuk.

Tempat-tempat di layar ponsel yang Anda sentuh dengan jari, kemudian bisa jadi menyentuh wajah dan mulut Anda. Hal ini akan meningkatkan risiko Anda terkena infeksi.

Untuk mencegah hal ini, perusahaan Jepang bernama NTT Docomo memutuskan untuk meletakkan tisu ponsel gratis di toilet Bandara Internasional Narita, Tokyo.

Tisu ini dimaksudkan untuk membiasakan para penumpang mengelap layar ponsel mereka, setelah membersihkan bokong mereka seusai BAB. Semoga ide jenius ini tidak hanya berhenti di Jepang saja, tapi menyebar ke toilet lain di seluruh pelosok dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini