Sukses

Selain Pencet Jerawat, 4 Kebiasaan Ini Bikin Pori-Pori Besar

Liputan6.com, New York Dulu saat remaja, pori-pori wajah tidak begitu besar. Namun ketika melewati usia 25-an kemudian berkaca, mengapa pori-pori wajah tampak besar, ya?

Rupanya ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari menyebabkan pori-pori wajah terlihat lebih besar seperti diungkap dokter kulit dari Manhattan, Amerika Serikat, Dendy Engelman. Agar pori-pori tidak besar, ada beberapa hal yang harus dihindari, seperti dikutip dari situs Women's Health, Selasa (22/11/2016)

1. Memencet jerawat

Jika Anda ingin memiliki lebih sedikit jerawat dan pori-pori lebih kecil, hindari untuk memencet jerawat.

"Kebiasaan Anda memencet jerawat membuat kulit meregang. Hal tersebut berkontribusi membentuk garis-garis halus, peradangan, dan iritasi. Jika terus dilakukan hal tersebut membuat pori-pori wajah membesar," kata dokter spesialis kulit Joel Schlessinger.

2. Sering memegang wajah

Coba ingat apa saja yang sudah Anda sentuh sesudah cuci tangan tadi? Bisa jadi gagang pintu, keyboard, atau meja. Itu artinya ada banyak kuman dan bakteri di dalam tangan Anda.

"Bila sering memegang wajah hal itu membuat minyak, bakteri, virus, dan debu menempel ke kulit dan menyumbat pori-pori," kata Schlessinger.

Lupa membersihkan wajah sebelum tidur

3. Lupa membersihkan wajah sebelum tidur

"Menghapus riasan wajah sebelum tidur merupakan rutinitas wajib sebelum tidur. Jika membiarkan wajah kotor begitu saja sebelum tidur, bisa membuat jerawat muncul dan mempercepat penuaan. Selain itu juga berkontribusi membuat pori-pori wajah membesar," kata Schlessinger.

4. Malas eksfoliasi

Salah satu cara menjaga pori-pori wajah tetap bersih dengan rutin melakukan eksfoliasi alias tindakan mengelupas kulit. Aktivitas ini membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang ada di pori-pori.

"Eksfoliasi seminggu sekali membantu menghilangkan kotoran di wajah seperti minyak dan debu. Lalu aktivitas ini juga membantu mencegah jerawat dan membantu membuat pori-pori mengecil," kata Schlessinger.

5. Salah pakai produk kecantikan

Salah memilih produk kecantikan bisa membuat pori-pori wajah membesar. Oleh karena itu, hindari menggunakan produk-produk yang mengandung tinggi minyak.

"Saya selalu merekomendasikan untuk memilih makeup mengandung mineral, terutama bagi pasien berjerawat. Kandungan seperti itu tidak menyebabkan iritasi maupun efek samping lainnya," kata Schlessinger.