Sukses

Yoga Selama 20 Menit Dapat Mengatasi Penyakit Bronkitis

Ada beberapa cara pengobatan alami yang dapat meringankan bronkitis.

Liputan6.com, Jakarta Batuk yang tidak kunjung sembuh hingga berbulan-bulan lamanya, bisa jadi pertanda Anda mengalami bronkitis kronis. Bronkitis terjadi akibat paru-paru yang mengalami peradangan. Di Amerika, bronkitis kronis penyebab utama kematian ketiga.

Meskipun bronkitis bisa diobati dengan obat-obatan kimia dan inhaler, sebetulnya ada beberapa cara pengobatan alami yang dapat meringankan bronkitis.

Dilansir Rodale Wellness, Senin (21/11/2016) empat alternatif cara ini dapat mengobati bronkitis tanpa khawatir menjadi kecanduan bahan kimia.

1. Kunyit
sudah sejak lama, kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang dikenal memiliki kandungan anti peradangan. Cobalah untuk minum satu sendok teh kunyit yang dicampurkan dalam minuman seperti susu atau teh dan minum dua hingga tiga kali sehari. Tetapi, waktu terbaik minum ramuan kunyit adalah pagi hari saat perut dalam keadaan kosong.

2. Basil
Basil seringkali dikenal memiliki ciri yang mirip dengan kemangi. Tanaman ini sering digunakan untuk mengobati peradangan paru-paru di negara India. Untuk mengobati bronkitis, cobalah makan daun basil dalam keadaan yang mentah agar hasilnya bisa lebih maksimal.

3. Meditasi
Meditasi seringkali mengambil fokus pada pernapasan yang dalam sehingga dapat memperkuat paru-paru. Ini berarti tubuh Anda membiarkan oksigen yang masuk lebih banyak dan mampu meningkatkan fungsi paru-paru Anda.

4. Yoga
Seperti meditasi, yoga berfokus pada penapasan dalam dan postur tubuh yang tepat. Penelitian menemukan bahwa, kondisi ini dapat meningkatkan fungsi paru-paru sehingga Anda tidak lagi mengalami ketergantungan menggunakan inhaler.

Teknik pembersihan pada yoga dapat menghilangkan lendir yang berlebihan, gejala bronkitis dan menurunkan peradangan di saluran pernapasan Anda. Teknik pernapasan pada yoga yang disebut kapalabhati, dapat meningkatkan kemampuan untuk bernapas selama batuk kejang terjadi.

Penelitian menemukan bahwa hanya 20 menit latihan pernapasan yoga, dapat membantu menenangkan serangan batuk akibat bronkitis yang dipicu asma atau alergi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini