Sukses

Hati-Hati, Suplemen Ini Justru Mengancam Kesehatan Jantung

Tidak semua pil vitamin atau suplemen baik bagi kesehatan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Dewasa ini, makin banyak orang yang mengonsumsi suplemen setelah makan karena berpikir bahwa hal tersebut penting untuk pastikan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Salah satu jenis suplemen yang semakin populer dikonsumsi adalah kalsium. Melansir Today, Kamis (17/11/2016), kalsium yang kita dapatkan dari asupan makanan keseharian kita memang baik. Namun, kalsium yang dikemas dalam suplemen tidaklah baik bagi kesehatan.

Sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan di John Hopkins University, Amerika Serikat, membenarkan hal ini dengan membuktikan bahwa kalsium yang dikemas dalam bentuk pil justru sangat berbahaya bagi kesehatan jantung manusia.

“Kalsium yang dikandung oleh makanan tidaklah berbahaya, tapi yang ada dalam suplemen atau pil justru membawa bahaya terhadap kesehatan jantung,” ujar salah seorang pakar penyakit jantung yang merupakan salah satu peneliti, Erin Michos.

Mereka menemukan, 22 persen orang yang mengonsumsi pil kalsium secara rutin berisiko tinggi alami gangguan pada jantung mereka karena kandungannya sangat mungkin transformasi menjadi plak yang bersarang dan menghambat aliran darah di saluran arteri tubuh mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini