Sukses

4 Manfaat Makan Mentimun untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapat dari memakan mentimun

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang mungkin kurang mengetahui manfaat mentimun. Padahal, selain bagus untuk kecantikan, mentimun juga baik untuk kesehatan. Bahkan kandungan airnya yang tinggi dapat mengurangi dehidrasi.

Lantas, apa saja manfaatnya? Dilansir dari Medicalnewstoday, Sabtu (5/11/2016), berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapat dari makan mentimun:

1. Hidrasi

Karena sebagian besar terdiri dari air dan penuh dengan elektrolit penting, mentimun adalah makanan praktis yang sempurna saat cuaca sedang panas untuk mencegah tubuh dari dehidrasi dan dapat meningkatkan konsumsi air dalam tubuh Anda.

2. Kulit

Ketika digunakan secara topikal, mentimun memiliki efek mendinginkan dan menenangkan yang akan menurunkan pembengkakan, iritasi, dan peradangan pada kulit. Selain itu, irisan buah mentimun juga dapat di terapkan pada mata untuk mengurangi bengkak atau mengobati kulit yang terkena sengatan matahari.

3. Kesehatan tulang

Kandungan vitamin K dalam mentimun dapat meningkatkan penyerapan kalsium untuk kesehatan tulang yang lebih optimal, sehingga akan mengurangi risiko patah tulang akibat keropos.

4. Kanker

Sebagai anggota dari keluarga tanaman Cucurbitaceae, mentimun mengandung nutrisi tinggi yang dikenal sebagai cucurbitacins yang memiliki sifat anti kanker, karena mereka dapat mencegah sel kanker agar tidak berkembang biak dan bertahan hidup di dalam tubuh kita.

Mentimun bisa disimpan dalam lemari es hingga seminggu. Jika ingin memakan buah ini, pastikan untuk mencucinya secara menyeluruh dan menghilangkan kulitnya sebelum dikonsumsi. Selain itu, hindari mentimun dengan ujung yang layu atau kering, karena mentimun yang seperti in sudah tidak segar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.