Sukses

Tidur Bisa Membuat Rambut Rusak

Liputan6.com, Jakarta Wanita tanpa sengaja seringkali merusak rambutnya dengan kebiasaan yang mereka lakukan. Misalnya, sering menggunakan catokan rambut, berganti warna rambut juga pengering rambut yang bisa membuat rontok dan berketombe.

Selain produk dan peralatan rambut tersebut, kebiasaan lain seperti tidur juga bisa merusak rambut Anda. Seringkali Anda bangun dalam keadaan rambut yang kusut dan berantakan, atau menemukan helaian rambut yang rontok di bantal.

Ini pertanda bahwa mungkin saja tidur Anda telah merusak keindahan rambut. Berikut ini adalah kebiasaan yang bisa merusak rambut Anda saat tidur serta cara mengatasinya, dilansir laman Prevention, Jumat (28/10/2016).

1. Rambut diikat kencang

Tidur dalam keadaan rambut yang terikat kencang bisa membuat rambut Anda rontok. Ini karena kunciran rambut yang ketat dapat menyebabkan rambut tertarik dari akar, terutama saat Anda berubah posisi tidur. Kondisi ini bisa berkembang menjadi traksi alopecia, di mana rambut yang panjang menjadi lebih pendek dan tipis.

Jika rambut terpaksa harus diikat saat tidur, sebaiknya longgarkan ikatannya untuk mengurangi jumlah rambut yang rontok.

2. Menyisir rambut sebelum tidur

Lupakan mitos lama yang mengatakan, menyisir rambut 100 kali dapat membuat rambut bersinar. Menyisir bisa membuat helaian rambut Anda tertekan. Jika ingin menyisir rambut sebelum tidur, gunakan sisir dengan gigi jarang, yang tidak akan menarik rambut Anda.

3. Tidur setelah keramas

Tidur dalam keadaan rambut yang basah setelah keramas bisa memicu kerontokan. Ini karena rambut yang basah lebih rapuh dibanding rambut kering. Setiap helai rambut terbuat dari rantai kohesif yang dibangun bersamaan dengan ikatan kimia.

Beberapa dari ikatan ini bisa rusak karena air, begitu juga dengan panas dan kelembapan, bisa membuat rambut lebih rapuh.

Namun, jangan gunakan pengering rambut hingga benar-benar kering. Gunakan pengering rambut setidaknya hanya di bagian atas atau akar rambut saja untuk mencegah kerusakan yang paling dekat dengan kulit kepala.

4. Memakai sarung bantal katun

Bila Anda memiliki rambut halus dan mudah patah, sarung bantal katun yang kasar bisa merobek dan membuat rambut jadi kusut. Gunakan sarung bantal dari bahan sutera atau satin karena lebih lembut dan mengurangi gesekan di rambut saat Anda berbalik posisi tidur.

Kain yang lembut juga dapat membantu rambut memproduksi minyak alami. Ini penting untuk rambut kering dan keriting.