Sukses

Strategi Pintar Mencegah Anak Ketagihan Minuman Bersoda

Liputan6.com, Jakarta Apakah anak Anda sangat menyukai minuman bersoda? Jika iya, sebaiknya segera hentikan kebiasaannya tersebut.

Soda, meskipun rasanya enak dan dapat memberikan energi ekstra, namun tidak ada kandungan gizi apapun dalam minuman bersoda.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, Senin (26/9/2016), sejumlah penelitian membuktikan bahwa sering mengonsumsi minuman soda berisiko mengidap penyakit diabetes dan obesitas, serta membawa dampak buruk bagi pertumbuhan tulang juga gigi.

Gula dalam soda yang bercampur dengan air liur dalam mulut Anda membentuk asam yang melemahkan enamel gigi dan dapat menyebabkan pembusukan.

Jika anak Anda kecanduan minuman bersoda, ada beberapa cara untuk menghentikan kebiasaannya tersebut. Memang, cara berikut ini tidak akan mudah atau cepat menghilangkan kecanduannya terhadap minuman soda.

1. Mendidik
Sudah waktunya Anda berbicara tentang pilihan minuman atau makanan yang sehat dengan anak Anda. Semua anak memang tahu bahwa soda adalah minuman yang enak, itulah mengapa mereka sangat menyukainya. Namun, ajarkan mereka untuk mulai melihat minuman lain yang menyehatkan juga enak.

2. Memberikan contoh
Buatlah peraturan tidak boleh meminum soda di rumah serta beri contoh kepada anak bahwa ada minuman lain yang enak dan sehat dibanding soda. Misalnya, Anda juga harus meminum minuman sehat seperti jus untuk memberi contoh pada anak. Sehingga anak akan mengikuti kebiasaan orang tuanya. Begitupun jika makan di luar rumah untuk memesan minuman selain soda.

3. Minuman selain soda
Ketika mulai menjauhkan minuman soda dari anak, cobalah menggantinya dengan minuman infused water yang ditambahkan dengan buah-buahan kesukaan mereka. Jangan mengalihkan minuman soda dengan soda diet karena penelitian menunjukkan bahwa soda diet bisa menambah berat badan.

Namun, perlu diingat bahwa air yang berisi buah-buahan mengandung asam yang berisiko mengikis enamel gigi. Cobalah minum infused water dengan sedotan dan gunakan pasta gigi yang melindungi enamel gigi anak Anda.

4. Memujinya
Setelah anak-anak Anda berhasil mengurangi minuman bersoda, ingatlah untuk memuji mereka. Anda juga bisa memberi mereka hadiah dengan mengajak ke tempat main favorit mereka atau benda kesukaannya.

5. Acara spesial
Jika ternyata anak Anda masih belum bisa melepaskan kecanduannya dengan soda, tetap batasi minum. Anda bisa memberikan mereka minuman bersoda hanya di acara khusus atau spesial misalnya kelulusan, pesta ulang tahun atau saat menonton film di bioskop.

Artikel oleh Aluna Swara