Sukses

3 Cara Alami Usir Ketombe

Salah satunya minyak kelapa. Lalu, dua bahan alami lagi yang mudah didapatkan mampu mengatasi ketombe.

Liputan6.com, New York- Kehadiran ketombe di kulit kepala tak hanya membuat gatal, tapi juga mengganggu penampilan. Serbuk-serbuk putih ketombe yang berjatuhan di baju, mampu merontokkan percaya diri.

Jika sampo antiketombe tak mampu mengatasinya, sudahkan Anda mencoba cara alami? Jika belum, coba aplikasikan tiga pilihan bahan alami berikut ini seperti dikutip laman Health, Jumat (19/8/2016).

1. Minyak kelapa

Salah satu cara alami untuk mengurangi ketombe yakni lewat minyak kelapa. Kandungan minyak kelapa mampu mengurangi jamur penyebab ketombe hadir seperti diungkap dokter kulit Geeta Shah. 

Shah merekomendasikan untuk mengaplikasikan ke kulit kepala sambil memijat. Lalu dibiarkan hingga 20 menit. Selanjutnya bilas hingga bersih.

2. Cuka sari apel

Kandungan pH yang tinggi, cuka sari apel bisa membantu menghambat pertumbuhan jamur di kepala seperti dikatakan Shah. Namun jangan gunakan cuka sari apel saja, lebih baik campurkan bahan ini dengan air dengan komposisi 50:50. Oleskan campuran air dengan cuka sari apel dan biarkan hingga 15 menit.

3. Lidah buaya

Lidah buaya memang tidak menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe melainkan mengatasi peradangan yang disebabkan karena ketombe. Sehingga pengaplikasian lidah buaya membantu mengatasi gatal-gatal akibat ketombe.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini