Sukses

Ibu Lahirkan Anak Prematur, Kandungan ASI Lebih Kaya Nutrisi

Wanita yang melahirkan bayi prematur kandungan Air Susu Ibu (ASI) lebih kaya nutrisi makro.

Liputan6.com, New Delhi - Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan terbaik bagi bayi baru lahir hingga usianya enam bulan. Fakta menariknya, wanita yang melahirkan bayi prematur memiliki kandungan ASI lebih kaya nutrisi makro (lemak, karbohidrat dan protein) bila dibandingkan dengan wanita yang melahirkan sesudah usia kandungan 37 minggu.

Menurut studi dari peneliti Aarhus University Denmark ini, kandungan nutrisi ASI pada ibu yang lahirkan bayi prematur mengandung kandungan makro nutrien seperti protein, lemak, dan karbohidrat lebih tinggi dibandingkan dengan ibu-ibu yang melahirkan di waktu normal.

Seperti dikutip laman Times of India, Kamis (11/8/2016) kandungan ASI sedikit berbeda dibandingkan bayi yang lahir normal karena untuk memberikan nutrisi pada bayi yang belum berkembang sepenuhnya. Kandungan ASI ini juga berperan menjaga sistem pencernaan bayi.

Namun selain nutrisi makro, ternyata ditemukan perbedaan mikro nutrisi pada ibu yang melahirkan di waktu usia kehamilan penuh dan prematur.

"ASI merupakan contoh terbaik kebutuhan nutrisi bayi. Pada kandungan bayi prematur ada kebutuhan nutrisi spesial di dalamnya," kata peneliti, Ulrik Kramer Sundekilde.

Hasil kesimpulan ini diketahui lewat studi analisis terhadap komposisi kandungan 45 ASI ibu prematur yang melahirkan bayi nol hingga usia bayi 14 minggu.

Pada penelitian sebelumnya juga menyebutkan kandungan ASI pada ibu yang melahirkan bayi dengan usia janin normal berbeda dengan yang melahirkan anak prematur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini