Sukses

Kenapa Dokter Gigi Tak Suka Pasta Gigi Pemutih?

Liputan6.com, Surrey- Sebagian kita pasti pernah bertanya, seperti apa dokter gigi dalam merawat giginya sendiri. Pendidikan dan pengalaman selama praktik pasti membuat mereka banyak tahu mengenai kesehatan gigi dan mulut.

Dokter gigi dari Surrey, Amerika Serikat, Justin Toal memberikan jawabannya. Dia ternyata tidak pernah menggunakan pasta gigi mengandung pemutih (whitening) karena dianggap memiliki banyak bahan kimia yang merusak enamel. Tapi dia rutin menggunakan dental floss.

"Untuk menghentikan bakteri membentuk koloni yang mengarah pada pembentukan plak, dalam pengalaman saya, flossing efektif, bahkan jika belum ada bukti kuat," katanya, seperti dikutip Dailymail, Selasa (9/8/2016).

Selain itu, Toal mengatakan lebih memilih sikat gigi elektrik ketimbang manual. "Sikat gigi listrik jauh lebih baik menghilangkan plak dibandingkan sikat gigi manual, bahkan jika Anda memiliki teknik yang sangat baik. Sikat gigi listrik tidak akan membuat Anda bosan," ujarnya.

Meskipun anak-anak menyikat gigi dua kali sehari, Toal bisa menyikat tiga kali dengan sikat ekstra sebelum makan siang. Saya selalu menyikat gigi sebelum makan, tidak setelah makan karena saat itu, enamel lebih lembut dan lebih rentan terhadap kerusakan.

Untuk mencegah gigi kuning, Toal jarang minum kopi dan teh. Dia selalu menyarankan anaknya untuk minum air putih atau susu karena keduanya bisa mencegah kerusakan gigi.