Sukses

Ini Alasan Kenapa Simpan ASI Harus di Freezer Khusus

Sebaiknya hindari menyimpan botol ASI bersama makanan lain di freezer.

Liputan6.com, Jakarta Pada ibu bekerja atau ibu yang memiliki air susu ibu (ASI) berlimpah akan memerahnya yang disimpan pada botol khusus. Lalu ASI dimasukkan ke dalam freezer atau lemari pendingin. Namun sebaiknya hindari menyimpan botol ASI bersama makanan lain di freezer.

"Paling ideal menyimpan botol berisi ASI itu tidak tercampur daging di freezer. Kadang bayi tidak mau dengan ASI tersebut," kata dokter spesialis anak Rini Sekartini.

Keengganan bayi untuk mengonsumsi ASI dari botol yang sudah disimpan tersebut tampaknya akibat kontaminasi dengan makan lain yang ada di freezer. "Mungkin bayi merasa ASI jadi bau ya," kata dokter Rini dalam Dialog Nasional "Kurang Gizi Terselubung Menuai Generasi Hilang" di Kantor Kemenkes, Jakarta, ditulis Kamis (28/7/2016).

Dokter dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI RSCM ini menyarankan ibu-ibu sebaiknya menyimpan botol berisi ASI dalam freezer khusus untuk ASI saja. ASI yang disimpan pun akan disukai oleh si Kecil.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat menyimpan ASI dalam botol adalah higienitas. ASI tersebut akan aman dikonsumsi bayi asal pada proses pemerahan ibu sudah benar mencuci tangan dengan baik, dimasukkan ke dalam botol bersih, di simpan dalam tempat baik dengan suhu baik sebelum masuk freezer. Serta tidak lupa untuk mencatat tanggal pemerahan seperti dipesankan dokter Rini.

ASI memang makanan terbaik bagi bayi, selain tidak perlu mengeluarkan dana, kandungan di dalamnya amat sempurna bagi tumbuh kembang si Kecil usia 0-6 bulan. Selain itu, imunitas tubuhnya pun akan lebih baik.

Jika sejak dini si Kecil sudah mendapatkan makanan terbaik, ini bisa menjadi pondasi kuat bagi manusia berkualitas di masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.