Sukses

Monty, Si Kucing Down Syndrome

Tercatat ada 135 ribu pengikut di halaman Facebook Monty, si kucing yang kondisinya seperti manusia dengan down syndrome.

Liputan6.com, Jakarta Namanya Monty. Kucing berbulu putih dan gelap ini sudah tinggal beberapa saat di tempat penampungan. Tampaknya tak ada yang tertarik untuk mengadopsinya. Alasannya? Monty tampak sedikit... berbeda!

Tapi pasangan Michael Bjorn dan Mikala Klein dari Rodovre, di luar Copenhagen, Denmark berpendapat lain. Mereka langsung jatuh cinta saat melihat kucing bertampang unik itu.

"Kami bertemu dengannya sebentar dan langsung jatuh cinta. Kami merasa dia memilih kami," ujar Michael pada media setempat. 

Monty, si kucing dengan kelainan kromosom (Foto: Monty/Facebook/Newsner)

Setelah Monty diadopsi dan pindah ke rumah barunya barulah terlihat bahwa kucing itu punya kebiasaan aneh. Monty terkadang mengompol saat tidur. 

Michael dan Mikala lantas mengonsultasikan masalah itu pada dokter hewan. Mereka diberi tahu jika kebiasaan ini umum terjadi pada kucing yang berusia tua karena sudah kesulitan mengontrol kandung kemih mereka. Tapi Monty belum terlalu tua dan hanya kadang-kadang saja kencing saat tidur.

Pemilik Monty lantas menduga hal itu dilakukan Monty untuk menandai "wilayah kekuasaannya" mengingat Monty bukanlah satu-satunya kucing yang tinggal di rumah mereka.

Setelah beberapa saat akhirnya masalah sebenarnya terkuak. Masalah mengompol Monty disebabkan oleh kromosomnya yang tidak normal. Kromosom abnormal itu pula yang menyebabkan fisik Monty tampak berbeda.

"Ada penelitian kecil terhadap ketidaknormalan kromosom pada hewan, tapi kita bisa sedikit membandingkannya dengan kondisi Down's Syndrome pada manusia," jelas Michael, dilansir dari laman Newsner, Selasa (5/7/2016).

Untungnya kelainan kromosom itu tidak terlalu memengaruhi tingkah laku Monty. Menurut Michael, Monty sama cerianya dengan kucing lain.

"Monty sangat konyol, ceria, dan selalu bahagia seperti anak kucing, meskipun usianya sudah lima tahun. Dia sangat lembuh dan manja padaku. Dia selalu tidur di antara kakiku setiap malam," ujar Michael.

Perlu Anda tahu, Monty tidak hanya populer di kalangan keluarga, dia juga memiliki banyak pengikut. Tercatat ada 135 ribu pengikut di halaman Facebook Monty. Bahkan kini tersedia pakaian dan mainan dengan logo Monty yang bisa dibeli para penggemarnya. Hasil penjualan produk tersebut disalurkan pada tempat penampungan kucing, tempat dahulu Monty tinggal, Vat Vaern.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.