Sukses

Syarat Aman Bersepeda Seperti Haruka Nakagawa

Liputan6.com, Jakarta Haruka Nakagawa, salah satu anggota dari JKT48, menghebohkan publik dengan aksi bersepeda dari Jakarta ke Surabaya dua pekan lalu.

Menengok kondisi fisiknya, Haruka memiliki ukuran tubuh yang ideal, sehingga tak ada masalah dalam mengayuh sepedanya.

Namun melihat jarak yang begitu panjang timbul kekhawatiran pada ketahanan tubuh dan keamanan organ vitalnya. Sebab, banyak asumsi berkembang bersepeda tidak baik untuk wanita.

Menanggapi kasus ini, Sophia Hage dokter spesialis kedokteran olahraga dari Klinik LightHOUSE mengatakan, "Sebenarnya yang paling penting adalah dia (Haruka) training dulu sebelumnya."

Setiap jenis olahraga akan aman dilakukan dengan intensitas yang tinggi asalkan sudah dipersiapkan dan dilatih dengan baik sebelumnya agar tubuh mampu beradaptasi.

"Tubuh manusia itu paling sempurna yang akan mampu beradaptasi juga mendorong performa selama kita melatihnya. Jadi yang paling penting adalah si Haruka ini sudah terbiasa melakukan bersepeda jarak jauh," katanya.

Kegiatan bersepeda yang dilakukan member JKT48 ini pun tidak dilakukannya tanpa henti. Ia tetap mengambil waktu beristirahat di malam hari, lalu bersepeda kembali pada pagi hingga sore hari. Jadi, menurut Sophia, pun tak masalah melakukan sepeda maraton layaknya Haruka.

"Kuncinya itu di latihan. Karena aspek pertama kebugarannya sudah dilatih, jadi fitness level-nya sudah naik dengan otomatis. Kedua, kalau dia sudah terbiasa maka tubuhnya sudah beradaptasi. Terakhir, kalau dia sudah terbiasa dan sudah melakukan dengan baik dan benar, dia pasti sudah tau tips and triknya seperti apa yang harus dihindari dan apa yang harus dikonsumsi," kata Sophia.

Saksikan Live Streaming EGTC Malang 2018

Tutup Video