Sukses

Menag RI: Belajar Menjadi Orangtua Tidak Ada Sekolahnya

Calon pengantin yang hendak menjadi orangtua harus siap dan mampu memahami cara mendidik anak. Sebab tidak ada sekolah khusus bagi orangtua.

Liputan6.com, Jakarta Banyak pasangan menikah yang telah memiliki anak terlalu berkonsentrasi memikirkan dan mengurusi pendidikan anak lalu melupakan aspek kehidupan yang jauh lebih penting selain pendidikan.

Seperti yang dipaparkan oleh Menteri Agama RI, Drs. H. Lukman Hakim Saifuddin, orangtua zaman sekarang tersita waktu dan pikirannya karena terlalu fokus mempersiapkan pendidikan anak saja--padahal mendidik anak adalah hal yang lebih penting. Namun mendidik anak juga memerlukan pendidikan yang cukup bagi para orangtua.

"Diperlukan pemahaman dan kesadaran yang kuat, yaitu apa fungsi suami, fungsi istri, tugas suami, dan tugas istri untuk mendidik anak," ujarnya dalam acara Inspirato Liputan6.com, Kamis (2/6/2016).

Menurut Lukman, mengapa pendidikan bagi orangtua menjadi penting, sebab tidak ada sekolah khusus untuk belajar menjadi seorang orangtua.

"Menyiapkan diri untuk menjadi orangtua yang baik tergantung dari ketahanan dan kekuatan agama di dalam keluarga. Kalau masing-masing orang dalam keluarga memiliki ketahanan yang baik maka hidup akan lebih berkualitas," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini