Sukses

Bunda, Hindari Makan Buah Ini Bila Sedang Menyusui Ya

Liputan6.com, Jakarta Menyusui merupakan cara tepat untuk membuat bayi Anda tumbuh kuat dan sehat. Telah banyak penelitian menemukan manfaat ASI pada bayi dan ibu.

Meski begitu, ibu mungkin perlu mewaspadai buah tertentu dalam masa menyusui. Sebab makanan tertentu akan berdampak pada bayi Anda. Lantas, apa saja? berikut ulasannya, seperti dikutip Boldsky, Sabtu (23/4/2016):

1. Buah asam

 

Buah asam akan memberikan rasa dan bau yang tajam pada ASI. Hal ini akan membuat pencernaan bayi kurang baik. Cara terbaik adalah untuk menghindari buah seperti jeruk, anggur, jeruk nipis dan lemon.

 

2. Stroberi

Meski kaya manfaat, saat sedang menyusui, sebaiknya stroberi juga dihindari. Mengonsumsi terlalu banyak stroberi saat menyusui akan membuat bayi alergi. Tanda-tandanya seperti kembung, diare, rewel dan pada beberapa bayi mengalami ruam kulit.

3. Nanas

Mengonsumsi buah ini dapat membuat ASI agak berbau tengik, yang pada gilirannya dapat menyebabkan ruam popok.

4. Kiwi

Konsumsi kiwi saat menyusui juga tidak sehat, karena sifat buah ini akan membaut anak kembung dan terus membuang gas.

5. Ceri

Makan terlalu banyak ceri dapat menyebabkan masalah karena buah ini merupakan pencahar alami. Hindari konsumsi buah bermasalah ini, terutama ketika sedang menyusui bayi Anda.

6. Apel

Meski buah ini memiliki segudang manfaat kesehatan, namun dokter menyatakan, saat menyusui Anda harus menghindarinya. Hal ini karena serat dalam apel dapat menyebabkan sembelit pada bayi.

 

Loading