Sukses

Mentega Baiknya Disimpan di Suhu Ruang atau Kulkas?

Liputan6.com, Jakarta Kita semua pasti menyimpan mentega di rumah. Bahan makanan ini memang praktis digunakan sebagai teman roti atau pengganti minyak pada tumisan masakan.

Tapi bagaimana biasanya Anda menyimpan mentega? Di suhu ruang atau kulkas? Pertanyaan ini kerap meninggalkan pertanyaan yang membuat penasaran.

Jawaban sederhana sebenarnya iya, kebanyakan mentega akan baik-baik saja bila disimpan tanpa lemari pendingin. Namun sebagian lain hanya bertahan beberapa minggu.

Di sisi lain, laman Food52 mencatat, mentega terbuat dari susu. Dan susu biasanya lebih baik disimpan pada suhu dingin. Tapi uniknya, lemak tinggi dan garam pada mentega bisa mencegah bakteri tumbuh secepat produk susu lainnya. Untuk itu, Anda juga bisa menyimpannya di suhu kamar.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) pun telah menyatakan, mentega bisa disimpan pada suhu kamar. Sedangkan para ahli di The Kitchn dan Food52 merekomendasikan suhu ruang untuk menyimpan mentega di bawah 21 derajat selsius.

"Mentega asin umumnya bertahan sekitar satu minggu di luar lemari es. Jika Anda tetap menyimpannya dalam wadah kedap udara, bisa bertahan hingga dua minggu. Jika Anda tidak yakin, cium aroma atau rasa mentega Anda sebelum menggunakannya," tulis laman tersebut, Rabu (20/4/2016).

Dan bila Anda menyimpannya di lemari es, tentu waktu penyimpanan akan lebih lama. Bahkan bila disimpan di freezer, mentega bisa bertahan hingga satu tahun.

Lantas, apa pilihan Anda?