Sukses

Transplantasi Rahim Pertama di AS Dilakukan

Liputan6.com, New York- Untuk pertama kalinya, tindakan operasi transplantasi rahim dilakukan pada seorang wanita di Amerika Serikat. Tindakan transplantasi ini dilakukan Cleveland Clinic pada pekan lalu, 24 Februari 2016.

Operasi transplantasi ini dilakukan terhadap wanita berusia 26 tahun. Setelah menjalani operasi selama sembilan jam wanita tersebut kondisinya stabil. Demi menjaga privasi pasiennya, pihak rumah sakit tidak memberikan informasi detil mengenai wanita ini. 

Rahim yang didonorkan ke wanita muda ini didapatkan dari seorang wanita yang sudah meninggal seperti dikutip laman Time, Rabu (2/3/2016). Wanita penerima rahim nampaknya akan terus mengonsumsi obat antipenolakan dalam waktu lama agar tubuhnya menerima rahim ini.

Lewat operasi ini diharapkan wanita yang terlahir tanpa rahim atau wanita yang rahimnya telah diangkat bisa memiliki rahim kembali. Sehingga kemungkinan untuk hamil dan memiliki anak masih terjadi.

Sebelum di Amerika Serikat, tindakan operasi transplantasi rahim pernah dilakukan pada sembilan perempuan di Swedia. Empat diantaranya telah hamil dan melahirkan.