Sukses

43 Persen Kanker Bisa Dicegah dengan Satu Cara

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 8,2 juta orang di seluruh dunia meninggal karena kanker. Diperkirakan, pada 2030 terdapat 23,6 juta kasus baru dan 60-70 persennya terjadi di negara berkembang, termasuk Indonesia. Yang menarik, 43 persen kanker ini dapat dicegah dengan pola hidup sehat.  

Begitu disampaikan Ketua Komite Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN) Prof. DR. dr. Soehartati A. Gondhowiardjo, Sp.Rad (K) Onk.Rad di RS Dharmais, Jakarta, Kamis (4/2/2016).

"Pola hidup seperti apa yang bisa mencegah kanker? Yaitu CERDIK atau singkatan dari Cek Kesehatan Rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres," katanya.

Walaupun penyakit kanker sulit disembuhkan, Soehartati menilai deteksi dini dan penanganan kanker stadium dini dengan teknologi pengobatan saat ini dapat mencapai angka keberhasilan yang tinggi. Bila ditemukan dini, penderita bisa hidup diatas 5 tahun dengan kekambuhan yang rendah.

Di Indonesia, prevalensi penyakit kanker cukup tinggi. Menurut data Riset Kesehatan Dasar 2013, prevalensi kanker di Indonesia mencapai 1,4 per 1.000 penduduk atau 347.000 orang. Penderita kanker terbanyak dialami wanita dengan kanker payudara dan kanker leher rahim. Sedangkan pada laki-laki, terbanyak kasus kanker paru dan kanker kolorektal.