Sukses

11 Trik Kecilkan Pori-pori Wajah

Pori-pori wajah adalah bagian terkecil dari kulit yang seharusnya nyaris tak terlihat, bukan?

Liputan6.com, Jakarta Pori-pori wajah adalah bagian terkecil dari kulit yang seharusnya nyaris tak terlihat, bukan? Sayangnya sebagian besar dari kita memiliki pori-pori wajah yang cukup besar. Dan nyaris tak bisa membuatnya mengecil tanpa bantuan dermatolog.

Tapi bukan berarti tak ada cara untuk menyiasati agar pori kulit yang besar tampak lebih samar. Trik-trik yang dilansir dari laman Goodhousekeeping, Minggu (6/12/2015) ini akan menyulap pori wajah Anda semulus kulit bayi!

1. Jaga wajah tetap bersih

"Ketika kotoran menyumbat pori, ini akan membuatnya semakin bertumpuk dan membesar," jelas dermatolog Dr. Margarita Lolis. "Jadi sangat penting untuk selalu mencuci wajah dengan pembersih lembut, terutama sebelum tidur, untuk menyingkirkan kotoran dan kulit mati," lanjutnya.

2. Gunakan primer sebelum membubuhkan alas bedak

Ya, Anda bisa menyamarkan pori-pori kulit yang besar dengan make-up. Primer adalah pilihan yang tepat menurut Laramie, penata rias profesional dan founder Book Your Look.

"Anda bisa menggunakan alas bedak yang menyamarkan pori-pori, produk yang tengah booming saat ini," cetus Laramie.

3. Perlakukan kulit dengan lembut

Membersihkan atau mengelupas (exfoliating) kulit wajah dengan kasar bisa menyebabkan keriput dan jerawat semakin parah. Terlalu menggosok wajah juga bisa merusak pori-pori.

"Bersihkan kulit dengan lembut sehingga pori-pori tak semakin lebar," ahli kecantikan MAriola Barczweska dari Haven Spa mengingatkan.

Bagaimana jika pori-pori sudah terlanjur melebar? Beri waktu dan tangani kulit dengan lembut agar bisa pulih secara maksimal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Facial dan eksfoliasi

4. Facial sebulan sekali

Barczewska menyarankan untuk melakukan facial setiap empat hingga 6 minggu sekali. Kenapa? Karena sedikit resep dan eksfoliasi dari tenaga kecantikan profesinal bisa membantu membersihkan pori-pori Anda sehingga kulit tampak lebih bersih dan sehat.

5. Eksfoliasi secara teratur

Menjaga kebersihan kulit memang sangat penting. Namun mengelupas kulit mati juga sama pentingnya karena akan membuat kulit tampak lebih sehat.

"Eksfoliasi bisa dilakukan dengan beberapa cara, baik secara fisik maupun kimiawi," jelas Dr. Joyce Imahiyerobo-Ip, dermatolog sekaligus konsultan untuk HydroPeptide.

"Pembersih lembut yang mengandung salicylic acid konsentrasi rendah (1 - 5 persen) atau lactic glycolic acid (2,5 - 5 persen) akan menstimulasi sel dan membuat pori-pori tetap bersih," imbuhnya.

6. Jaga tetap terhidrasi

Ya, Anda bisa mulai dengan memenuhi asupan air. Anda pun dapat menggunakan serum pelembap sebelum menggunakan pelembap (moisturizer).

"Ini membantu membantu mengecilkan pori-pori Anda dengan membuat kuit di sekitarnya lebih berisi," jelas Dr. Craig Kraffert, dermatolog dan presiden Amarte. Pastikan Anda cukup sering mengeksfoliasi kulit sehingga pelembap bisa bekerja sempurna.

3 dari 4 halaman

Pelembab dan tabir surya

7. Tambahkan retinoid

"Dengan menggunakan produk berbahan retinoid, seperti Retin-A, bisa meningkatkan peremajaan sel, mengeksfoliasi pori-pori dan membuatnya tampak lebih kecil," kata Dr. Lolis.

8. Jangan lewatkan penggunaan pelembap

Pori-pori membesar adalah salah satu dampak mengabaikan penggunaan pelembap. "Penting untuk menggunakan pelembap berkualitas tinggi dan noncomedogenic dua kali sehari," kata Dr. Joyce Imahiyerobo-Ip.

"Jika Anda membiarkan kulit menjadi kering, ini akan memengaruhi produksi minyak berlebih yang akan menyumbat pori-pori kulit," lanjutnya.

9. Gunakan tabir surya

Peringat ini berlaku selamanya. SPF atau tabir surya adalah bagian integral dari perawatan kecantikan Anda.

"Radiasi sinar UV merusak kolagen dan elastin. Ini menyebabkan pori-pori membesar," kata Dr. Lolis.

"Cara terbaik untuk mencegah pori-pori melebar adalah dengan melindungi diri dari sinar matahari," lanjutnya.

Beberapa produk tabir surya membuat kulit tampak lebih mengkilat atau berminyak dan memperjelas pori-pori wajah. Jika begitu, pilihlah primer matte, alas bedak, atau bedak yang meminimalisir efek tersebut.

4 dari 4 halaman

Masker dan laser

10. Temukan masker yang tepat

Salah satu cara paling mudah, mewah, dan relatif murah untuk mengecilkan pori-pori wajah adalah dengan menggunakan masker.

"Perawatan rumahan seperti masker atau peeling yang dilakukan secara konsisten dan dalam jangka waktu panjang bisa berhasil," ucap Dr. Joyce.

"Masker mengandung bahan seperti lempung atau arang bisa menyerap minyak dari pori-pori," jelasnya.

11. Perawatan laser

Benar, laser bisa mengecilkan pori-pori wajah. "Rangkaian perawatan menggunakan laser nonablatif bisa mengecilkan pori-pori dengan membangun kolagen yang membuat kulit lebih berisi dan pori-pori mengecil," jelas Dr. Lolis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.