Sukses

9 Susu Hewan Populer Selain Susu Sapi

Liputan6.com, Jakarta Susu sapi sangat populer dan telah menjadi kebutuhan manusia hingga kini. Tapi ternyata, selain susu sapi ada susu hewan lain yang menawarkan manfaat kesehatan juga.

Seperti dimuat laman IndiaTimes, Sabtu (5/12/2015) ahli gizi Dr. Lovneet Batra, Nutrisionis klinik Fortis La Famme dan ahli nutrisi
Madhuri Ruia, menyampaikan beberapa susu hewan lain selain sapi seperti:

1. Susu Babi

Dibandingkan susu sapi, susu babi tinggi kandungan lemak. Belum lagi, menurut Ruia, sangat sulit untuk mendapatkan susu babi karena butuh waktu yang terbatas.

2. Susu unta

Di Uni Emirat Arab, susu unta dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Ruia tidak mengelak, susu unta sangat tinggi protein dan mengandung tiga kali vitamin C dan 10 kali lipat zat besi ketimbang susu sapi. Susu unta juga tinggi asam lemak tak jenuh, vitamin B dan mineral serta memiliki sifat antimikroba yang tidak ditemukan dalam susu sapi atau jika pun ada maka hanya dalam jumlah kecil.

"Umumnya, susu unta dikonsumsi mentah atau difermentasi. Yang menarik, susu unta bebas laktosa sehingga aman dikonsumsi bagi orang yang alergi laktosa," katanya.

3. Susu kambing

Susu kambing memiliki komposisi yang sama dengan susu sapi. Dr Batra mengatakan, susu ini dapat menjadi pengganti minuman sehat karena rendah lemak dan kaya protein serta kalsium. Keunggulan susu ini adalah mudah dicerna dan mengurangi peradangan. Sedangkan kelemahannya tidak cocok untuk orang yang alergi laktosa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Susu domba, kuda, dan jerapah

4. Domba

Batra mengatakan, susu domba juga tinggi protein, kalsium, besi dan Vitamin D. Kandungan padat dari susu domba membuatnya cocok untuk dibuat keju dan yoghurt. Sayangnya, susu domba mengandung laktosa lebih tinggi dari susu sapi.

5. Susu kuda

Susu kuda dan keledai memiliki komposisi yang sangat mirip. Dr. Batra mencatat, susu kuda rendah lemak dan tinggi laktosa tapi sangat baik untuk kesehatan kulit.

6. Susu kerbau

Susu kerbau tinggi lemak, hampir dua kali lebih tinggi dari susu sapi sehingga sangat sulit untuk dicerna, terutama untuk bayi.

7. Susu Yak

Susu yak rasanya manis dan memiliki bau khas. Namun kadar lemak dan proteinnya lebih tinggi sehingga tidak cocok dikonsumsi rutin oleh manusia.

8. Susu rusa

Susu ini dikenal bebas laktosa tetapi sangat tinggi lemak.

9. Susu jerapah

Susu jerapah memiliki tekstur halus dan sumber Vitamin A dan B12.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS