Sukses

7 Cara Mudah Bikin Anak Bahagia

Tak semua kebahagiaan anak perlu usaha yang lebih.

Liputan6.com, Jakarta Tak semua kebahagiaan anak perlu usaha yang lebih. Bahkan saat orangtua mau memujinya atau mendengar apa yang sedang dia ceritakan, hal itu bisa menetap dalam memorinya.

Seperti diberitakan Boldsky, Sabtu (5/12/2015), orangtua harus memahami, anak-anak harus bahagia. Ahli kesehatan berpendapat, anak-anak yang tidak bahagia akan memiliki masalah depresi, mode perilaku tak terkendali dan perkembangan motorik yang dapat memengaruhi perilaku mereka di sekolah.

Untuk menghindari masalah ini, perlu upaya untuk membuat anak Anda bahagia. Caranya? cukup lakukan saran berikut:

1. Dengarkan mereka

Ya, memperhatikan si kecil dan mendengarkannya saat bicara akan membuat mereka merasa senang dan puas.

2. Puji dia

Setiap anak memiliki titik dimana mereka pernah gagal, baik saat belajar atau melakukan sesuatu. Selama masa tersebut, orangtua harus menyediakan waktu untuk memotivasi mereka. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk membuat anak Anda bahagia.

3. Waktu berkualitas

Meskipun Anda sibuk dengan pekerjaan, sediakan waktu berkualitas untuk si kecil. Hal ini akan membuat mereka merasa senang.

4. Serius

Penting bagi orangtua untuk memahami, ketika anak mereka mencapai usia tertentu, berhenti memperlakukan mereka seperti anak kecil. Ajak mereka mengobrol serius misalnya tentang masa depannya, akan menjadi apa mereka nanti atau tanya sudut pandang masalah tertentu. Hal ini akan membuat setiap anak bahagia karena mereka merasa dibutuhkan.

5. Jangan bertengkar dihadapan anak

Jika Anda sedang stres atau memiliki masalah dengan pasangan, jangan ungkapkan didepan anak. Stres dan emosi akan mempengaruhi anak. 

6. Senyum

Senyum akan menggambarkan garis bahagia di wajah dan membuat anak merasa seperti anak paling beruntung di dunia.

7. Menjadi teladan

Jika Anda ingin membuat anak Anda senang,  jadikan diri Anda sebagai teladan bagi mereka. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini