Sukses

Diabetes Akan Bisa Dideteksi Pakai Ponsel Pintar

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi menciptakan sebuah perangkat modern untuk mendeteksi diabetes dengan cara mudah. Sebuah perangkat ponsel pintar dan sampel air liur telah didesain untuk mendiagnosis penyakit kencing manis dan akan tersedia dalam waktu 2 tahun, khususnya di negara yang berpenghasilan rendah.

Laman Mirror, Selasa (3/11/2015) melaporkan, alat ini dikembangkan oleh para ilmuwan di Tec de Monterrey, Meksiko bekerjasama dengan peneliti dari University of Houston di Amerika Serikat. 

Mereka mengatakan, perangkat ini sangat unik karena dibuat menyesuaikan dengan teknologi di ponsel dan memberikan hasil dalam beberapa detik, sehingga menghindari penggunaan jarum.

Direktur Pusat Bioteknologi di Tec de Monterrey, Dr Marco Antonio Rite Palomares mengatakan, aplikasi tes ini sangat sederhana seperti tes kehamilan yang keluar hasilnya dalam beberapa detik.

"Proyek ini direncanakan akan selesai dalam waktu dua tahun. Hasilnya akan teridentifikasi dengan memancarkan cahaya sehingga kamera ponsel bisa merekamnya," katanya.

Marco menambahkan, perangkat ini dibuat untuk membuat hidup pasien lebih mudah, dan membawa kesehatan bagi penduduk berpenghasilan rendah.

"Pentingnya deteksi dini sebelum dapat menyebabkan banyak masalah dan mengambil tindakan akan mencegah biaya tinggi baik di keluarga ataupun negara," pungkasnya.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.
    Diabetes