Sukses

Kenali Kelainan Lidah pada si Kecil yang Buat Susah Bicara

Bila anak mengalami kesulitan bicara, coba perhatikan lidahnya, kemungkinan dia menderita Makroglosia.

Liputan6.com, Jakarta Jangan abaikan tanda alami tubuh si kecil. Bila anak mengalami kesulitan bicara, coba perhatikan lidahnya, kemungkinan dia menderita Makroglosia.

Mengutip laman Healthyandnaturalworld, Rabu (19/8/2015), Makroglosia adalah kelainan lidah yang membuatnya kesulitan bicara, gigi-gigi yang bergeser, maloklusi atau scalloped tongue dan menderita tiroid.

Penyebabnya bisa karena kelainan genetik atau terganggunya enzim. Tanda-tandanya, lidah terlihat lebih besar dari ukuran anak normal seusianya dan seringkali daerah lidah menunjukkan papila-papila fungiformis (batang-batang ramping seperti rambut kemerahan pada permukaan lidah).

Ahli kesehatan menilai, makroglosia kerap dijadikan ciri-ciri anak mengalami down syndrom. Meskipun lidah bukan satu-satunya cara mendiagnosa, tanda ini bisa dijadikan acuan saat Anda berkonsultasi dengan dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini