Sukses

Konsumsi Daging Olahan Bikin Pria Kurang Subur

Sebuah studi dari Amerika Serikat ungkap pria yang terlalu banyak konsumsi daging olahan pengaruhi kesuburannya.

Liputan6.com, New York- Sosis, bacon, daging asap, nugget, dan daging olahan lain memang lezat. Tapi awas, bagi Anda para pria yang sedang mengingingkan buah hati ada baiknya untuk mengurangi asupan daging olahan. Sebuah studi dari Amerika Serikat ungkap pria yang terlalu banyak konsumsi daging olahan pengaruhi kesuburannya.

"Banyak studi telah menunjukkan bahwa makanan yang dikonsumsi memengaruhi kesuburan pria, namun makanan yagn kita konsumsi begitu kompleks sehingga sulit menentukan mana makanan yang memengaruhi kemampuan reproduksi," terang American Society for Reproductive Health, Dr. Rebecca Sokol.

"Kini, lewat studi ini kita sudah mengetahui jenis daging mana yagn memengaruhi kesuburan," terangnya seperti dikutip laman Good Housekeeping, Selasa (10/8/2015).

Hal ini didapatkan lewat studi yang dipimpin Dr. Wei Xia dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, Amerika Serikat yang menganalisis 141 wanita dan pasangan yang melakukan program bayi tabung di Massachusetts General Hospital antara 2007 hingga 2014.

Ternyata, pria yang jarang makan daging olahan cenderung berhasil dalam program ini dibandingkan yang suka makan sosis, bacon, ataupun nugget. Namun konsumsi daging segar seperti ayam tidak masalah bagi kesuburan.

Selain tak baik untuk kesehatan reproduksi, mengonsumsi daging olahan terkait dengna penyakit jantung, kanker, dan kematian dini.

"Makan makanan yang sehat adalah perubahan demi kesehatan reproduksi serta kesehatan secara keseluruhan," kata Dr. Sokol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.