Sukses

Baru 4 Tahun Namun Balita Ini Harus Kehilangan 16 Gigi

Dari 20 gigi susu, hanya empat gigi yang sehat.

Liputan6.com, London Seorang gadis cilik berusia empat tahun harus menjalani operasi pencabutan keenambelas giginya yang rusak. Tindakan ini dilakukan setelah dokter gigi melihat hanya empat dari 20 gigi susu balita asal Bristol, Inggris ini yang sehat.
 
Awal diketahui kerusakan gigi pada balita ini gara-gara sang ibu melihat putrinya kesulitan makan. Untuk sarapan saja bisa menghabiskan waktu berjam-jam. 
 
Ibu tersebut segera membawa putrinya ke Charlotte Keel Centre di Bristol untuk memastikan kondisi gigi anaknya. Setelah menjalani pemeriksaan, baru diketahui kalau kondisi gigi gadis cilik ini sudah parah.
 
Ternyata, kebiasaan membiarkan putrinya minum susu botol seharian baik pagi dan malam menjadi salah satu penyebab kerusakan gigi susu seperti dilansir laman Daily Mail, Senin (15/6/2015). 
 
Pencabutan gigi tentu berdampak pada kemampuan si gadis cilik ini dalam mengunyah, sehingga  diperkirakan hingga usianya delapan tahun akan mengalami kesulitan untuk makan. Namun setelah gigi dewasanya muncul, kendala tersebut tentunya bisa teratasi.
 
Bagi Anda para orangtua, jangan lupa untuk memperhatikan kebiasaan makan dan minum si kecil. Organisasi Dental Health telah memperingatkan orangtua agar tidak memperbolehkan anaknya untuk minum susu atau minuman tinggi gula hingga tertidur di malam hari. Hal ini berkontribusi terhadap kerusakan giginya. (Baca: Mengapa Makanan Manis Bikin Gigi Berlubang?)
 
 
Baca juga:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini