Sukses

Ibu Tinggi Lebih Mudah Mendapatkan Anak Kembar?

Studi di Amerika Serikat mengatakan, anak kembar bisa didapat dari seorang ibu yang memiliki tubuh dengan tinggi ideal.

Liputan6.com, London - Butuh perjuangan besar bagi pasangan suami istri untuk mendapatkan keturunan berupa sepasang anak kembar. Menurut mereka, memiliki sepasang anak kembar merupakan anugerah terindah yang tak ternilai harganya.

Bila selama ini sejumlah pendapat menyebut anak kembar hanya bisa didapat bila sebelumnya baik ayah atau ibu memiliki riwayat keluarga kembar juga, namun studi di Amerika Serikat justru mengatakan, anak kembar bisa didapat dari seorang ibu yang memiliki tubuh dengan tinggi ideal.

Setelah membandingkan sejumlah perempuan berukuran pendek dan tinggi pada 2006, para peneliti pun menemukan, rata-rata perempuan dengan tinggi satu inci di atas tinggi rata-rata nasional dapat dengan mudah memiliki anak kembar dua atau kembar tiga. Tinggi rata-rata nasional perempuan di Amerika Serikat adalah 163 cm sampai 164 cm. 

Dokter kandungan di Long Island Jewish Medical Centre sekaligus pemimpin penelitian, Dr Gary Steinman mengatakan, kemungkinan kondisi ini terjadi akibat proses IGF (Insuline-line Growth Factor).

Dikutip dari situs Daily Mail, Selasa (13/5/2015), Gary mengatakan, salah satu dari dari IGF adalah membuat ovarium lebih sensitif terhadap follicle-stimulating hormone yang memicu ovarium untuk menghasilkan telur.

Akibat sensitivitas yang terlalu tinggi, mendatangkan kesempatan dua telur yang dihasilkan per siklus, yang memungkinkan kehamilan kembar.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan, orang yang lebih pendek memiliki tingkat IGF yang lebih kecil juga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.