Sukses

Agar Ibu Hamil Rileks dan Makin Tenang

Salah satu teknik yang diajari dalam metode hypnobirthing The Conny Method ajarkan ini kepada ibu hamil.

Liputan6.com, Jakarta Saat kandungan ibu semakin besar, tanpa disadari napas ibu jadi pendek-pendek dan mudah ngos-ngosan. Akibatnya ibu hamil merasa mudah lelah.

Untuk mengatasi hal ini, dalam metode hypnobirthing yang diajarkan praktisi hipnosis Conny Widaya Hermina mengajarkan ibu hamil untuk melakukan pernapasan alami. Ini melatih ibu agar bisa bernapas dengan teratur dan tenang selayaknya saat tidur.

Dalam buku The Conny Method: Menjalani Kehamilan dan Persalinan dengan Tenang, Nyaman, Bahagia serta Penuh Percaya Diri yang ditulis oleh Conny bersama suaminya Agus Wirajaya memberi tahu cara untuk melakukan pernapasan alami. Caranya seperti ini seperti dikutip pada Jumat, (1/5/2015).

1. Duduk santai, bersandar pada sofa atau bantal.
2. Perlahan condongkan kepala ke daerah dada atau biarkan kepala bersandar pada bantal.
3. Letakkan tanan kiri di perut dan tangan kanan di dada. Pada saat menarik napas, perut akan mengembang sehingga tangan kiri naik, dan tangan kanan turun. Saat menghembuskan napas terjadi sebaliknya.
4. Biarkan mata tertutup alami tanpa paksaan.
5. Kedua bibir bersentuhan lembut tanpa paksaan
6. Bernapas dengan menggunakan pernapasan perut dan bernapas melalui hidung.
7. Saat menghembuskan napas, hitung dalam hati 1 hingga 8 dalam kecepatan normal.

Masih banyak informasi pernapasan lainnya yang penting dipelajari ibu hamil dalam buku ini. Seperti berlatih pernapasan panjang dan pernapasan persalinan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini