Sukses

Mengapa Kerap Mengantuk Saat Meditasi?

Mengantuk saat meditasi adalah hal yang lumrah.

Liputan6.com, Jakarta Bukan perkara mudah memahami secara utuh senam dan olah tubuh, yoga. Seperti misalnya saat melakukan meditasi, banyak pelaku yoga yang mengantuk. Bagaimana mengatasinya?

Menjawab hal tersebut, Instruktur yoga dari Pusat Latihan Yoga Yayasan Ananda Marga Indonesia, I Ketut Indrayana menanggapinya. Menurutnya, mengantuk saat meditasi adalah hal lumrah terjadi. Disitulah, proses mental terjadi.

"Banyak yang tidak paham, meditasi itu bukan hanya duduk dan diam. Esensi meditasi adalah mencapai kuasa Ilahi," kata Indran seperti ditulis Rabu (29/4/2015).

Saat kondisi tubuh lelah, kata Indra, wajar bila saat meditasi seseorang mengantuk. "Mengantuk adalah alarm tubuh kita lelah. Ini normal, berarti kita harus istirahat. Maka itu, sebelum meditasi jangan makan dulu agar energi dalam tubuh tidak terpecah."

"Saat perut kenyang, energi yang seharusnya berpusat pada pikiran terpecah hingga ke pencernaan. Itulah mengapa, meditasi lebih baik dilakukan saat perut kosong di pagi hari setelah bangun tidur dan sebelum tidur malam," katanya.

Indra menambahkan, orang yang terbiasa meditasi biasanya akan lebih cekatan. "Meditasi benar-benar melatih pikiran. Jadi hindari meditasi setelah makan siang agar tidak mengantuk."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini